HANACARAKA WARS

 Uncategorized

HANACARAKA WARS

TripleSilent

MenuUtama

Klasifikasi Game
Developer : Triple Silent Games
Publisher : Triple Silent Games Studios
Platform : Web
Release Date : January 5, 2014
Genre : Adventure Education
Theme : Fantasy
Mode(s) : Single Player
ESRB Rating : Everyone

Deskripsi

Hanacaraka Wars merupakan sebuah game adventure bertemakan fantasy dimana didalamnya terdapat unsur-unsur edukasi. Unsur-unsur edukasi dalam game yang diterbitkan oleh Triple Silent Games Studios ini berupa pengenalan huruf-huruf jawa mulai dari aksara (huruf) jawa maupun wilangan (angka) jawa kepada seluruh elemen masyrakat.

Akhir-akhir ini memang banyak sekali kebudayaan jawa yang mulai hilang karena jarang digunakan, maka dari itulah pengembang sengaja mengembangkan game yang bertemakan kebudayaan jawa untuk melestarikan kebudayaan jawa yang tak ternilai harganya agar suatu saat nanti salah satu kebudayaan yang terkenal dari Indonesia ini tidak akan punah. Di dalam game ini, pemain diajak untuk menghafalkan bagaimana bentuk dari aksara ataupun wilangan jawa dengan cara mencari aksara maupun wilangan jawa dari petunjuk-petunjuk yang sudah diberikan.

Gameplay
Hanacaraka War memiliki dua mode gameplay yaitu Story Mode dan Mini Game. Untuk mode Mini Game juga terdiri dari 2 tipe permainan yaitu Mini Game Aksara dan Wilangan.

Dalam Story Mode, pemain akan memainkan seorang pahlawan bernama Aji Saka yang berusaha untuk mengumpulkan kembali gulungan rahasia berupa aksara dan wilangan hanacaraka dikarenakan berhasil dicuri oleh pencuri. Dalam mode ini terdapat enam level dengan misi yang berbeda di setiap levelnya. Misi akan berupa target untuk mengumpulkan aksara dan wilangan dengan jumlah dan tipe yang berbeda di setiap levelnya. Aji Saka akan mengumpulkan huruf-huruf hanacaraka yang akan muncul di layar dengan cara menubruknya. Dalam setiap level akan ada rintangan yang berupa musuh dan apabila player bertubrukan dengan musuh maka lifenya akan berkurang. Semakin tinggi level maka pada mode ini misi untuk mengumpulkan huruf hanacaraka akan semakin banyak dan pergerakan huruf hanacaraka akan semakin cepat. Pemain juga harus dituntut untuk menyelesaikan misinya secepat mungkin dikarenakan penilaian highscore salah satunya adalah berupa lama waktu pemain dalam menyelesaikan misi.

Dalam Mini Game terdapat dua tipe permainan yaitu Aksara dan Wilangan. Untuk tipe Aksara pemain diharuskan mendapatkan huruf hanacaraka yang sesuai dengan pertanyaan. Sedangkan untuk tipe Wilangan pertanyaan akan berupa soal matematika penjumlahan dan pemain diharuskan untuk mendapatkan wilangan yang merupakan hasil penjumlahan dari pertanyaan tersebut.

ScreenShot

5. Story Mode 5

6. Story Mode 6

HelpMap3

7. Mission

level1

level2

level3

level4

aboutMap

Video Trailer

http://www.youtube.com/watch?v=VsuJ-OFOUqY&feature=youtu.be

Nilai Edukasi

  • Pemain dapat menambah pengetahuan mengenai aksara(huruf) dan wilangan(angka) jawa.
  • Pemain dapat melatih daya ingat pemain dengan cara menjawab pertanyaan yang ada.
  • Pemain dapat melatih kecepatan berpikir dalam menjawab pertanyaan.
  • Pemain dapat mengasah otak dengan menjawab pertanyaan matematika
  • Pemain dapat melestarikan kebudayaan Jawa khususnya mengenai bahasa Jawa.
  • Pemain dapat menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya Jawa khusunya bahasa Jawa.

Reviewer :

Anugerah Firdaus (5110100089) – Pembuatan Game A

Anugerah Firdaus

Create Your Badge

 

M. Farid Naufal (5110100094) – Pembuatan Game A

Mohammad Farid Naufal

Create Your Badge

 

Artha Pradyta (5110100109) – Pembuatan Game A

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan