Dumb Ways to Die

 Tugas Kuliah Game

Dumb Ways Home

Dumb Ways to Die merupakan game multi platform yang diciptakan dalam rangka kampanye keselamatan oleh perusahaan Metro Trains Melbourne,Australia.Pada intinya perusahaan tersebut ingin menyampaikan pesan jangan bermain-main dengan nyawa anda dengan melakukan hal-hal sepele namun berakibat fatal!

Bagi sebagian orang yang sudah sadar akan bahaya ( terutama di lingkungan kereta api ) mungkin kampanye dalam bentuk game ini tidak berarti apa-apa dan murni hanya untuk bersenang-senang.Tetapi bagi mereka yang belum aware game ini secara tidak langsung dapat mengedukasi mereka dengan cara yang lebih menyenangkan bukan doktrinasi yang tidak efektif dan tidak menghakimi mereka.

Link Trailer

Memiliki genre puzzle tentu saja nilai edukasi pada game ini adalah mengasah kemampuan berfikir kita dituntut untuk menyelesaikan puzzle yang ada dengan cepat dan tepat sehingga kita tidak melakukan kesalahan sepele yang dapat merenggut nyawa jika hal tersebut kita lakukan di dunia nyata. Dalam game ini juga terdapat suatu tombol yang jika disentuh kita menyatakan setuju untuk tidak melakukan sesuatu yang ceroboh terutama di sekitar lingkungan kereta,tanpa sadar alam bawah sadar kita setuju dan akan mencerna dengan baik larangan-larangan yang ada.

Game ini menarik bagi saya karena simple,user interface grafik menarik ditambah dengan background sound yang ear catchy serta melatih berfikir dengan cepat,ketangkasan tangan dan memberikan informasi edukatif secara efektif tanpa mengurangi pengalaman mengesankan saat memainkannya.

DumbWays 1

DumbWays 2

Link Game Play

Untuk aturan main sebenarnya tidak ada aturan khusus,seperti biasa anda harus menyelesaikan “misi“ yang diberikan sebelum waktu habis dan hanya memiliki 3 nyawa/kesempatan.Di awal permainan anda akan ditunjukkan bagaimana cara bermainnya,jika berhasil maka akan terdapat animasi bahaya apa yang dapat dihindarkan jika melakukan dengan benar ( mematuhi peraturan yang ada )

Sebaliknya jika gagal maka akan ditampilkan animasi bahayanya dan semakin lama tempo permainan akan semakin cepat karena tidak adanya sistem level dalam game ini (hanya ada score  tertentu yang dibutuhkan untuk membuka video di home screen).Yang paling penting anda membutuhkan konsentrasi!

Selamat bermain! đŸ™‚

 

Game Details

Genre : Puzzle

ESRB Rating : Tidak terdapat data di ESRB tapi asumsi saya berdasarkan rating di Google Play dan iTunes ( Medium Maturity ) saya asumsikan bergenre Everyone 10+ cenderung Teen

Platform : iOS & Android

Ratings :

AppsStore

DumbWaysRatingApple

Google Play

DumbWaysRatingGoogle

Reviewer

Shidqi Medistian Anantya 5110100103

Pembuatan Game Kelas A

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan