Trauma Center Series

 Review Game Edukasi, Simulasi

Trauma Center

Gambar 1 : Gambar Cover Game

Klasifikasi Game

Judul : Trauma Center Under The Knife, Trauma Center Under The Knife 2

Genre : Simulasi

Rating : 7,8 (seri 1), dan 8,5 (seri 2) [Rating GameFAQ]

Tgl Rilis :16 Juni 2005 (seri 1), 18 Mei 2010 (seri 2)

Platform : Nintendo DS

Deskripsi Game

Trauma Center merupakan sebuah game yang dapat dimainkan di Nintendo DS. Game ini mengisahkan tentang seorang Dokter yang bernama Style dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Dokter di sebuah klinik. Game ini merupakan sebuah game simulasi di mana pemain akan melakukan setiap operasi kepada pasien yang membutuhkan. Input pada game ini adalah dari mouse. Pada setiap operasi yang akan dilakukan oleh pemain, terdapat beberapa aspek yang ditampilkan di layar, antara lain :

  • Waktu / Time Limit

Operasi harus diselesaikan sebelum waktu yang ditentukan habis. Apabila waktu habis, maka pasien akan mati.

  • Darah / Ketahanan Pasien / Health

Pada layar, terdapat sebuah angka yang dibungkus dalam sebuah bentuk hati yang melambangkan ketahanan pasien. Apabila angka tersebut mencapai angka 0, maka pasien akan mati di meja operasi.

  • Peralatan Kedokteran

Di sisi kanan dan kiri layar, terdapat beberapa alat kedokteran yang digunakan dalam operasi, seperti jarum suntik, laser, pisau bedah, pinset, perban, benang jahit, dan lain lain. Masing – masing alat mempunyai fungsi yang berbeda – beda.

gambar2

Gambar 2 : Operasi pada pasien yang mengalami kecelakaan

Gameplay

Dalam tahap – tahap awal permainan, pemain akan disuguhkan storyboard dalam bentuk visual novel. Setelah alur cerita sudah jelas, maka pemain akan masuk ke tahap operasi. Di sini pemain akan dibimbing oleh seorang asisten / suster yang setia menemaninya dalam setiap operasi. Pada chapter – chapter awal, pemain akan dibimbing oleh asisten tersebut, di mana dia akan memberitahu apa yang harus dilakukan oleh pemain. Contohnya saja pada awal operasi, Si asisten akan menyuruh pemain untuk mengambil pisau bedah, dan membuka tubuh pasien. Pemain dapat memilih alat – alat yang akan digunakan di sisi kanan – kiri layar.

Jika alat yang digunakan tepat, maka Si Asisten akan tersenyum. Apabila alat yang digunakan salah, maka akan keluar tulisan “Miss”, dan Si Asisten akan berwajah marah dan takut.

Inti dari permainan ini adalah mengikuti step – step yang telah dianjurkan oleh Si Asisten (meski ada juga operasi yang dilakukan sendiri tanpa asisten), dan melakukannya dengan baik dan benar.

gambar3

Gambar 3 : Finishing operasi dengan menjahit tubuh pasien

Video

Trailer

Demo

Nilai Edukasi

Menurut saya, game ini mempunyai nilai edukasi sebagai berikut :

Memberikan pengetahuan tentang kegiatan operasi yang dilakukan oleh dokter.

Memberikan pengetahuan tentang tubuh bagian dalam (bentuk hati, jantung, paru – paru) serta penyakit apa saja yang mungkin ada di organ – organ tersebut.

Melatih kesabaran dan ketelatenan pemain dalam menjalankan kegiatan (membedah harus lurus, menyuntik harus pelan – pelan, dll).

Pereview

Muhammad Agil Mahbuby

5110100191

Pembuatan Game 2013 Kelas B

M Agil Mahbuby

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan