SimCity 4

 Review Game Edukasi, Simulasi

250px-SimCity_4_cover

Game Sim City 4 adalah sebuah permainan simulasi pembangunan kota yang dikembangkan oleh Maxis yang merupakan anak perusahaan dari Electronic Arts.Maxis dibentuk di tahun 1987oleh Will Wright dan Jeff Braununtuk membantu menerbitkanSimCity. SimCity bukanlah permainan yangditentukan oleh kondisi “menang” dan “kalah”. Konsep ini membuatSimCitymenjadi salah satu permainan paling populer dan tersukses. SimCity kemudian membuat sekuel berikutnya seperti SimCity 2000, SimCity 3000, SimCity 3000: Unlimited, dan SimCity 4 ini.

Pada permainan ini, pemain dapat dengan sesuka hati membentuk wilayahnya sendiri, dengan diawali membentuk atau merancang permukaannya, misal membuat daerah pegunungan, perkotaan, kawasan pantai dan sebagainya. kemudian dilanjutkan dengan merancang konsep dan tata letak kota atau sebuah wilayah mulai dari awal hingga nantinya menjadi sebuah kawasan yang ramai.Pemain juga dapat meletakkan zona untuk membangun daerah komersial, industrial, atau perumahan. Selain itu pemain juga dapat membangun dan memperbaiki layanan umum yang, transportasi, dan utilitas dari wilayah itu misal polusi, sanitasi air, limbah dll.Agar sukses pemain juga harus mengurus keuanga yang dimiliki, lingkungan yang telah dirancangnya, dan kualitas kehidupanbagi para penduduknya.SimCity 4memperkenalkan kondisi alam yaitu perputaran siang dan malam, serta beberapaefek spesial lainnya untuk pertama kalinya dalam seriSimCity. Terdapat peralatan sepertiBuilding Architect Tools(BAT) sehingga pemain dapat membangun gedung dan isian dari pihak ketiga.

Dalam Permainan ini, ada beberapa mode permainan yang bisa dipilih oleh para pemain, yaitu sebagai berikut.

1.Mode Tuhan (God Mode), pada mode ini para pemain dapat membentuk tanah tempat kota. Mode ini juga dapat memicu terjadinya bencana alam, tornado, gempa bumi, dan lain-lain. Selain itu mode Tuhan ini juga dapat digunakan untuk merekonsiliasi atau merancang dataran wilayah yang akan digunakan dan mengubah siang/malam. Tetapi beberapa fitur Mode Tuhan tidak dapat digunakan lagi setelah kota didirikan (diberi nama) kecuali untuk bagian bencana. Fitur ini juga dapat diaktifkan kembali walaupun setelah kota didirikan dengan menggunakan Cheat;
2. Mode Walikota (Mayor Mode), Mode Walikota (Mayor Mode) adalah fitur utama SimCity dimana pemain bermain sebagai wali kota untuk mengatur dan mensukseskan kehidupan kota. Pemain dapat membangun jaringan transportasi, termasuk didalamnya, jalan, jalan tol, rel kereta api, rel kereta bawah tanah (subway), stasiun bus, sarana olahraga, tempat hiburan, sarana pendidikan, pertanian, dan lainnya.
3. Mode MySim, Mode ini memungkinkan pemain dapat membuat user atau tokoh di dalam permainan yang didefinisikan oleh pemain. ketika menggunakan mode ini, pemain bisa berperan sebagai salah satu penduduk yang ada di dalam kota yang sudah dibuat sebelumnya. Tokoh yang dibuat ini bisa memiliki rumah, pekerjaan, berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain, dsb. Tokoh ini nantinya dapat memiliki keluarga, dan dapat mati ketika terkena bencana ataupun karena usia yang sudah tua. sehingga nantinya bisa dilanjutkan oleh anak-anak mereka.

Kebakaran Gunung Meletus

Screenshoot ketika terjadi bencana alam.

Klasifikasi SimCity 4
– genre: Simulasi, Strategi.
– ESRB rating Everyone
– Rating: 9.2 Amazing dari IGN, cek disini . 8.7 dari metacritic, cek disini

Untuk nilai Edukasi yang bisa diambil dari game ini adalah pemain dilatih untuk bagaimana dapat mengelola tata kehidupan kota. Bagaimana strategi yang dilakukan pemain ketika merancang kota dari awal hingga kota itu dapat hidup dengan baik. Mungkin nih, para calon bupati, walikota atau bahkan presiden bisa belajar terlebih dahulu dengan mencoba bermain game ini. Dijamin banyak manfaatnya deh. Karena game tidak hanya sebuah hiburan, tapi bisa jadi lebih dari itu

Untuk Trailer dari Game ini bisa dilihat di bawah ini dan cara bermainnya bisa dilihat disini. Terimakasih

Fahmi Hidayatullah|Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan