Save Punyu

 Game Edukasi Pilihan, Matematika, Review Game Edukasi

main_menu

Save Punyu merupakan game keluaran Maulidan Games yang misi utama yaitu mempropagandakan larangan penangkapan penyu secara liar. Di dunia nyata, kejahatan inipun masih cukup marak terjadi padahal penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Game ini mengkombinasikan genre arcade dan adventure, dan bisa dimainkan dalam platform desktop maupun mobile.

storypolice

Dalam permainan ini, diceritakan bahwa terdapat segerombolan bajak laut jahat yang tersebut penyu-penyu tersebut untuk kepentingan komersial. Pemain berperan sebagai polisi laut yang berjuang menyelamatkan penyu-penyu tersebut dalam berbagai macam tantangan. Pemain harus menjelajah perairan untuk menemukan markas-markas bajak laut tersebut dan melepaskan penyu-penyu yang tertangkap. Pemain juga harus menangkap bajak laut tersebut dan memberi makan penyu-penyu yang sudah berhasil diselamatkan.

Fitur Permainan

Fitur permainan ini, antara lain :

  1. Permainan adventure dengan view isometric, dan permainan arcade saat menyelamatkan penyu
  2. Terdapat 4 macam gameplay, yaitu block mathematics, running, feeding, dan VS Boss.
  3. Upgrade item dan kemampuan/ability
  4. Achievement/Medal penghargaan
  5. Terdapat 38 level permainan
  6. Terdapat 17 subworld yang dapat dijelajahi
  7. Story opening dan story ending, dimana story ending dapat berubah sesuai dengan jumlah penyu yang terselamatkan

 

Aturan Permainan

Dalam permainan ini terdapat empat macam gameplay, yaitu block mathematics, running, feeding, dan VS Boss

Running

Pemain harus menjelajah perairan untuk menemukan markas-markas bajak laut, yaitu berupa kapal. Jika pemain mengklik salah satu kapal, maka pemain akan masuk ke level permainan.

 

level_menu

 

 

Block Mathematics

Penyu-penyu yang tertangkap oleh bajak laut tersebut terkurung dalam sangkar besi. Sangkar tersebut disusun dalam suatu balok-balok yang dikunci dengan suatu angka. Untuk membebaskan penyu, maka pemain harus menghancurkan beberapa balok dengan cara menentukan operasi matematika yang hasilnya sama dengan angka pada balok. Operasi matematika tersebut ditampung dalam robot polisi yang bergerak di stage permainan. Semakin cepat pemain melepaskan penyu, semakin tinggi skor yang didapatkan.

how-to

gameplay_1

 

 

Feeding

Pemain harus memberi makan penyu-penyu yang sudah diselamatkan. Pemain harus melemparkan makanan tersebut agar bisa dimakan oleh penyu.

feed

 

VS Boss

Selain menyelamatkan penyu, pemain juga harus menangkap bajak laut tersebut agar jera dan tidak mengulangi kejahatannya. Caranya adalah dengan ‘berperang’ bom dengan bajak laut tersebut, namun pemain tidak boleh menyakiti atau membunuh bajak laut tersebut. Bom harus dilempar supaya mengenai tong-tong supaya pemain jatuh ke laut dan bisa ditangkap oleh polisi laut.

gameplay_2

 

Unsur Edukasi

1. Mempropagandakan bahwa penyu adalah hewan yang dilindungi sehingga tidak bisa diperjualbelikan secara illegal.

2. Membangkitkan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli dan menjaga lingkungan hidup.

3.Mengasah kemampuan matematika, khususnya untuk anak-anak usia 9 tahun.

4.Memberikan edukasi kepada anak-anak agar memperhatikan kelestarian hewan yang dilindungi dari perburuan liar dengan metode simulasi yang dikemas dalam cerita yang mudah dicerna,serta melatih cara berfikir strategis dalam menyelesaikan masalah

Link Permainan :http://www.maulidan.com/my-game-galery/arcade/618-save-punyu

final

Video Trailler

Reviewer :

Rizka Noviana Indriyani – 5110100133

Rizka Noviana

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan