Portal

 Asah Otak, Fisika, Review Game Edukasi

Portal_desktop

Developer Valve Corporation
Publisher Valve Corporation
Microsoft Game Studios (xbla)
Distributor Electronic Arts (retail)
Steam (online)
Engine Source
Genre First-person Puzzle-platforming
ESRB Teen
Platform Microsoft Windows
Mac OS X
PlayStation 3
Xbox 360
Linux
Mode Single-player

 

Trailer/Gameplay Video

Screenshot

hl2 2013-12-02 20-24-31-46 hl2 2013-12-02 20-26-08-08 hl2 2013-12-02 20-26-12-20 hl2 2013-12-02 20-46-24-55 hl2 2013-12-02 21-01-34-06

Portal adalah sebuah first-person puzzle-platforming game yang didevelope dan dirilis oleh valve corporation pada tahun 2007. Game ini utamanya terdiri dari serangkaian puzzle yang harus dipecahkan dengan men-teleportkan permain dan benda lainnya menggunakan”Aperture Science Handheld Portal Device“, sebuah alat yang dapat membuat portal antar spasial dalam dua bidang datar. Karakter yang kita mainkan, Chell, ditantang oleh sebuahartificial intelligence bernama GLadOS(Genetic Lifeform and Disk Operating System) untuk menyelsaikan seluruh puzzle diAperture Science Enrichment Center Menggunakan senjata portal.GLadOS berjanji akan memberikanChell sebuah kue jika dia berhasil menyelesaikan seluruh puzzle.

Di dalamportal, pemain mengendalikan sang protagonis,Chell, melalui sudut pandang orang pertama. Pemain harus menavigasikan sang protagonis melalui serangkain ruangna menggunakanAperture Science Handheld Portal DeviceatauPortal Gun. Portal Gun ini dapat membuat dua buah portal berbeda, yang satu berwarna biru, dan yang satunya lagi berwarna oranye. Portal ini membuat hubungan visual dan fisikal dari dua tempat berbeda dalam ruang tiga dimensi. Kedua portal ini tidak memiliki pintu masuk maupun pintu keluar. Seluruh objek yang melewati satu portal akan keluar di portal lainnya. Aspek penting dari game ini adalah momentum fisika. Suatu objek yang masuk ke dalam salah satu portal dengan kecepatan dan arah tertentu akan keluar dari portal lainnya dengan kececpatan dan arah yang sama. Momentum fisika ini akan banyak digunakan untuk menyelsaikan berbagai puzzle di dalam game ini.

Apakah nilai edukasi di dalam game ini?

Di dalam game ini kita diharuskan untuk menyelesaikan serangkain puzzle. Pada awalnya, puzzle yang kita hadapai, sangat mudah. Tetapi lama kelaman tingkat kesusahan game ini akan berambah dan menjadi sangat komplek. Game ini membuat kita berpikir untuk menemukan berbagai cara dalam menyelesaikan suatu puzzle, karena pada satu puzzle terdapat lebih dari satu cara untuk menyelesaikannya.

Ditulis oleh:

Hizkia Adi Surya – 5110100082

Hizkia Adi Surya

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan