paper’s please

 Review Game Edukasi

Selamat datang di Arstotzka, sebuah negara yang baru saja terlibat konflik dengan negara Kolechia. Anda adalah seorang kepala keluarga yang memiliki tanggungan anak, istri, paman dan ibu mertua. Pekerjaan anda adalah sebagai petugas imigrasi yang sehari – harinya menangani orang – orang yang akan mengunjungi negara kesayangan anda Artsotzka!

Setiap harinya anda akan dihadapi oleh orang – orang yang akan memasuki Arstotzka yang memiliki kepribadian dan kebutuhan bermacam – macam. Dan�supervisor anda selalu memberikan peraturan baru terkait kondisi terkini dari negara anda, misal ketika baru saja terjadi pengeboman, maka tiap warga yang akan memasuki Arstotzka wajib melalui cek tubuh �atau misal ketika ada seseorang yang tidak memiliki dokumen lengkap tapi bersedia membayar anda untuk diloloskan anda bisa mempertimbangkannya untuk penghasilan lebih. Penghasilan disini adalah elemen utama dari game ini, dimana nantinya setiap akhir permainan akan ada kalkulasi penghasilan dengan pengeluaran anda, misal ketika penghasilan anda tidak cukup untuk membeli makan maka keesokan harinya salah satu anggota keluarga anda akan jatuh sakit dan esoknya akan membutuhkan obat yang notabene juga menambah pengeluaran anda nantinya dan bila tidak bisa anda penuhi maka anggota keluarga anda akan meninggal.

Game ini dibuat oleh developer game indie yang bernama Lucas Pope, beliau memang memiliki tujuan untuk membuat suatu game yang memiliki jalan cerita dan permainan yang lain daripada yang lain maka lahirlah Paper’s Please. Game ini juga meraih banyak pujian dari para kritikus game karena idenya yang sangat “out of the box“.

Aturan Main:

– Tiap hari pemain akan melayani di loket badan imigrasi

– Pemain harus melakukan verifikasi dokumen sesuai dengan regulasi yang ditentukan

– Bila pemain melakukan prosedur yang tidak sesuai dengan regulasi maka akan ada surat peringatan, pelanggaran yang dimaklumi adalah dua setelah itu akan ada sangsi potong gaji

– Tiap warga yang dilayani akan diberi poin $5

– Tiap selesai bekerja akan ada kalkulasi pengeluaran.

– Ketika ada pengeluaran yang tidak bisa dipenuhi maka akan terjadi sakit, demam, kelaparan pada anggota keluarga anda.

– Regulasi selalu berubah tiap harinya

– Ending permainan terjadi pada hari ke 30.

Nilai Edukasi : Manajemen penghasilan dan Mengasah etos kerja

Genre : Puzzle & Simulasi

Rating ESRB : –

Nilai : 85


 

Ramadhan Satya Putra|Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan