Mencari Hadits

 Game Edukasi Islam, Review Game Edukasi

Sebelum kekhawatiran akan kemurnian hadits muncul, sebelum insan-insan alim membukukan hadits, saat itulah kita harus menemukan hadits dari riwayat yang terpercaya. Alkisah seorang anak dari Qadhi yang terkenal akan keadilannya, Ibnu Zaky namanya. Dibebankanlah amanah kepadanya untuk mencari hadits ke seantero Daulah Khilafah Abbasiyah. Ibnu Zaky harus mencari hadits dari para muhadits yang terpercaya dan terjaga. Satu dinar hadiah yang di berikan Abu Zaky untuk Ibnu Zaky sebagai ganti dari satu hadits. Saat itulah Zaky mulai gencar untuk mencari hadits meskipun harus menyusuri hutan, padang luas, dan lautan. Dimanakah Zaky dapat menemukan dan mengumpulkan hadits-hadits tersebut?

Game Mencari Hadits ini diambil dari cerita seorang Qadhi (hakim) yang meminta anaknya untuk mencari dan menghafal hadits sebanyak-banyaknya. Sebagi imbalannya, Qadhi tersebut menghargai satu hadits dengan uang satu Dinar (1 Dinar = 4.25 gram Emas 22 karat).
Game dengan genre RPG ini membantu untuk mempelajari dan menghafal hadits beserta terjemahannya. Terdapat beberapa level, dimana disetiap level ada beberapa hadits yang harus ditemukan dan disetorkan agar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Untuk mendapatkan hadits, tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa tantangan, rintangan yang harus di hadapi, seperti serangan binatang buas, kesabaran dalam menempuh perjalan. Terdapat juga beberapa ujian yang langsung diberikan oleh muhadits kepada pemain. Dan antara tantangan, hambatan, dan ujian yang satu dengan yang lain sungguh berbeda. Sehingga di setiap level dan pertemuan dengan muhaddits memiliki aura yang berbeda. Untuk saat ini hanya terdapat 7 hadits yang harus ditemukan.

Aturan Main

Pemain diharuskan untuk mengoleksi dan mencari hadits dimanapun berada dari berbagai sudut peta yang ada. Jika pemain sudah mengumpulkan 7 Hadits, permainan selesai, dan pemain menang.

Berikut ini adalah video trailer dan gameplay nya:

Dan berikut ini adalah screen shot dari game Mencari Hadits











Klasifikasi Game

  • Genre : RPG
  • Theme : Timur Tengah, Old Age
  • ESRB rating : Everyone
  • Stats rating : –
  • Type : –

Penilaian

Meskipun terdapat beberapa bug, namun secara cerita lumayan bagus. Sekalipun untuk kualitas gambar yang lumayan kecil dan berupa 2D namun dengan cerita yang menarik dan hal-hal tertentu yang muncul di luar dugaan, membuat semakin tertarik untuk mengetahui hadits apa yang akan muncul di muhadits-muhadits berikutnya.

Nilai Edukasi

  • Melatih untuk menghafal hadits.
  • Melatih untuk menghafal terjemahan dari hadits.
  • Melatih kesabaran dalam mencari hadits, karena mencari hadits tidak semudah yang dibayangkan.
  • Memberikan semangat untuk mempelajari hadits.
  • Muhasabah diri bahwa ilmu yang di dapat ternyata belum seberapa.

 

Review ini ditulis oleh Fajar Hidayat, NRP 5109100205
Hidayat Fajar|Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan