Marbel Mengaji

 Game Edukasi Islam, Review Game Edukasi

7Tentunya setiap orang tua menginginkan anaknya bisa mengaji dengan lancar. Beberapa usaha yang dilakukan orang tua agar keinginan tersebut terwujud yaitu dengan mengikusertakan anak-anak mereka ke lembaga pendidikan seperti Taman Pendidikan Qur’an (TPQ).
Dengan seiring berkembangnya teknologi, sekarang anak-anak juga tidak sedikit yang sudah pandai menggunakan perangkat-perangkat digital seperti komputer, hp, dll. Kebanyakan mereka senang bermain game dengan perangkat-perangkat tersebut. Dengan kondisi seperti ini untuk memaksimalkan usaha orang tua agar anak bisa lebih mudah mempelajari al-qur’an, perlu untuk anak disediakan game-game yang mendidik, karena dengan bermain game-game tersebut anak akan merasa lebih senang ketika belajar, bahkan dia tidak sadar jika dia sebenarnya sedang belajar.1
Untuk itu, ada sebuah game yang cukup bagus sebagai pendidikan awal untuk anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah. Marbel Mengaji, merupakan sebuah game edukasi yang dibuat oleh developer lokal, Educa Studio. Game ini bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada anak – anak agar bisa mempelajari dasar huruf arab hijaiyah dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat dilanjutkan dalam membaca Al Quran. Anak-anak bisa belajar huruf hijaiyah yang ada dalam game ini mulai dari alif hingga ya dengan variasi tanda baca.

23
Tampilan dari aplikasi ini cukup menarik, mulai dari karakter dan hurufnya akan membuat anak – anak betah dalam belajar mengaji. Fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini adalah belajar hijaiyah lengkap beserta harokatnya, bermain huruf hijaiyah beserta harokatnya dan penyimpanan nilai saat bermain.
Untuk menggunakan aplikasi ini, maka saat pertama kali mengaksesnya akan disajikan 4 menu utama yang terdiri “Belajar”, “Bermain”, “Tampilkan Skor”, dan “Informasi”. Sebelum mencoba bermain sebaiknya mencoba menu “Belajar” yang nantinya akan disajikan huruf hijaiyah beserta tanda bacanya yang dapat disentuh akan mengeluarkan suara melafalkan huruf tersebut beserta harokatnya mulai dari A-I-U hingga Ya-Yi-Yu.

4Apabila telah belajar mengenai huruf hijaiyah dari alif hingga ya di menu “belajar”, maka dapat dilanjutkan ke menu “Bermain” yang akan menampilkan karakter sedang mengaji beserta huruf yang akan diucapkan, tugasnya cukup mudah yaitu mencari huruf yang sedang dilafalkan, ketika huruf yang dijawab benar, maka karakter akan mengucapkan “sip” atau “pintar”, namun ketika salah akan mengucapkan “duhh”. Selain itu terdapat waktu hitung mundur bermain selama 90 detik dan skor ketika menjawab benar yang akan diakumulasi hingga akhir. Pda menu “Tampilkan Skor”, bisa dilihat skor terakhir dan skor tertinggi yang pernah didapatkan.5

Developer : Educa Studio
Genre : Education
ESRB : Everyone
Platform : Mobile phone
Rating Google Play : 4.5

r
Rating Windows Phone Store : 4.5

r2

Nilai Edukasi :
– Pemain dapat belajar membaca huruf hijaiyah sebagai awal untuk belajar membaca Al Qur’an lebih lanjut.

Video Trailer / Play Demo

Agus Nugroho – 5110100124
Agus Nugroho

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan