Kinect Sports

 Review Game Edukasi, Simulasi

kinect-sports_1

Klasifikasi Game
Judul: Kinect Sports
Genre: Sports
Theme: Simulasi
Developer: Rare
Platform: Xbox 360

Deskripsi Game
Kinect Sports merupakan video game sport yang dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios untuk Xbox 360. Game ini membutuhan alat sensor gerak Kinect untuk dapat memainkannya. Dalam game ini pemain diharuskan untuk menggerakkan seluru anggota badan mereka untuk dapat memainkan setiap permainan simulasi olah raga yang disediakan. Didalam game ini terdapat 6 simulasi olah raga yang terdiri dari: Bowling, Tinju, Track and Field, Tenis Meja, Voli Pantai, dan Sepak Bola. Pemain diharuskan berdiri di depan Kinect dan bertanding dengan cara menirukan gaya yang harus dilakukan dalam olah raga sebenarnya seperti melempar, meninju, maupun menendang.

Gameplay
Pemain di wakilkan oleh avatar Xbox 360 yang dipilih sebelum memilih cabang olah raga yang akan dimainkan. Pemain harus menggerakkan badan yang kemudian akan diterjemahkan oleh sensor Kinect menjadi aksi di dalam game. Cara bermain tiap game dibedakan menurut cabang olah raga yang dimainkan yang akan dijelaskan sebagai berikut.

  • Bowling, pemain diharuskan mengangkat tangan kanan/kiri mereka untuk menjangkau bola, lalu pemain diharuskan mengayunkan tangan kedepan seperti melempar bola bowling.screenlg5
  • Tinju,pemain diharuskan menggunakan kedua tangannya baik untuk meninju, maupun menahan pukulan, dan pergerakan badan untuk menghindar.

Kinect-Sports-Boxing

  • Track & Field, merupakan kumpulan dari 5 event yang bereda yaitu Sprint, Javelin, Long Jump, Discus, dan Hurdles.
  1. Sprint (lari cepat), pemain haruskan berlari ditempat untuk menjalankan permainan, semakin cepat gerakan kaki pemain maka semakin cepat pula pergerakan avatar pemain.
  2. kinect-sports-Javelin(lempar lembing), untuk permainan ini pemain diharuskan melakukan 2 gerakan yang berbeda, yaitu berlari ditempat pada awal permainan, kemudian gerakan melempar. Kecepatan lari dan tinggi sudut tangan saat berhenti dalam gerakan melempar akan menentukan jauhnya lembing/tombak yang dilempar.javelin.0004
  3. Long Jump (lompat jauh), pada permainan ini pemain diharuskan berlari ditempat sekencang mungkin dan melompat di waktu yang tepat sebelum melewat garis batas.kinectsports001
  4. Discus (lempar cakram), pada permainan ini pemain diharuskan menirukan gerakan melempar cakram.                                                550w_gamingreview_kinectsports_6
  5. Hurdles, pemain diharuskan berlari ditempat dan melompat untuk menghindari rintangan/hurdle pada waktu yang tepat agar pemain avatar mpemain tidak menabrak rintangan/hurdle.index
  • Tenis Meja, pemain diharuskan untuk meraih bet pada sebelah kanan atau kiri layarsebelum melakukan servis, pada saat permainan pemain dapat backhand, forehand maupun smash seperti pada saat bermain tenis meja pada kehidupan nyata.

images

  • Sepak Bola, dalam game ini pemain memiliki 2 peran berbeda, yaitu sebagai penyerang dan bertahan. Sebagai penyerang, pemain diharuskan untk menendang bola untuk mengoper, maupun untuk memasukkan bola, sedangkan untuk bertahan pemain diharuskan bergerak kekanan dan kekiri untuk menahan bola umpan, dan menggunakan seluru badan untuk menahan tendangan.

images

  • Voli Pantai,  pemain melakukan servis dengan cara melakukan gerakan melempar keatas dengan satu tangan dilanjutkan gerakan memukul dengan tanan yang lain. Bola di umpan maupun dikembalikan dengan menirukan gaya bump, set, maupun spike.

index

Nilai Edukasi
Menurut saya nilai edukasi yang terdapat pada game ini yaitu mengajarkan kita tentang asiknya berolah raga, kemudian mengajak kita untuk berolah raga dengan cara kita harus menggerakkan badan kita untuk menjalankan avatar di dalam permainan, selain itu tehnik – tehnik yang digunakan sama seperti tehnik olah raga yang diterapkan pada kehidupan nyata, jadi pemain dapat merasakan pengalaman olah raga yang mungkin belum pernah atau bahkan tidak bisa di coba oleh pemain pada kehidupan nyata.

Trailer and Bowling, Boxing, Track & Field, Table Tennis, Soccer, and Beach Volleyball Demo

Reviewer
Riswandy S. Godlieb – 5109100142

RisWan D Lmsc | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan