Financial Education: Cashflow 202

 Asah Otak, Review Game Edukasi

Klasifikasi

Genre : Strategy
Category: Brain & Strategy
Theme: Education
Platform : PC, Web
ESRB Rating : Everyone 10+

Deskripsi

Cashflow adalah permainan yang mampu memikat penggunanya dengan tampilan grafis yang eye – catching karena berwarna warni dan mempunyai aturan main yang sederhana. Cashflow merupakan permainan bergenre strategi karena pemain diharapkan untuk menganalisa dan menentukan solusi terbaik untuk memecahkan permainan. Dikatakan sederhana karena game ini hanya mempunyai satu misi yang jelas yakni mengatur arus kas masuk dan keluar sehingga biaya hidup dapat tercukupi dengan sangat baik. Permainan ini sangat menarik dan dapat dimainkan oleh siapa saja.

Gameplay

Permainan ini mirip dengan monopoli, bedanya adalah di sini petak yang diberikan bukan mengenai kota ataupun negara tetapi mengenai kesempatan pemain untuk berinvestasi. Di awal, pemain boleh memilih impian yang akan dituju misal keliling dunia. Kemudian pemain memasuki tahap permainan yang terdiri dari dua tahap. 

Gambar 1. Tahap Pertama Perlombaan Tikus


Tahap pertama adalah “perlombaan tikus”. Di sebelah kiri terdapat laporan keuangan. Permainan membutuhkan pemain untuk mengisi laporan keuangan mereka sendiri sehingga mereka dapat melihat lebih jelas apa yang terjadi dengan keuangan mereka. Hal ini biasanya menunjukkan bagaimana aset menghasilkan pendapatan. Pemain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pasif dimana pendapatan yang mereka peroleh harus melebihi jumlah pengeluaran. Semakin banyak pendapatan pasif akan semakin baik oleh karena itu pemain harus pintar dalam memilih strategi untuk memanajemen investasinya.

 

Gambar 2. Tahap kedua Jalur Cepat

Tahap kedua adalah ketika pemain memasuki “jalur cepat” artinya pemain telah berhasil menjadi pemenang dan sudah berada dalam kondisi finansial yang sangat baik atau dikenal dengan kebebasan finansial. Pemain dapat mengejar impian yang telah dipilih di awal tadi untuk menyelesaikan permainan ini.

Nilai Edukasi

Cashflow merupakan game edukasi karena mempunyai nilai – nilai edukasi seperti berikut:

1. Matematika, pemain akan belajar untuk mengasah otak pemain terhadap hitungan dan angka-angka, meningkatkan analisa pemain, melatih ingatan pemain tentang solusi yang pernah dicoba tetapi gagal, mengajarkan pemain untuk berkonsentrasi/fokus, melatih pemain untuk mengambil keputusan, dan yang terpenting adalah mengajarkan pemain untuk tidak menyerah untuk memecahkan permainan.

2. Ekonomi, pemain akan belajar mengatur keseimbangan kondisi finansial secara langsung karena disediakan grafik dan tabel yang mempermudah arus kas kebutuhan hidup sehari – hari, juga mengetahui simulasi secara langsung mengenai kehidupan seputar bekerja dan berbisnis.

3. Bahasa Inggris, pemain belajar banyak kosakata baru dalam dunia bisnis seperti halnya investasi dalam properti ataupun dalam saham.

Video Trailer

http://www.youtube.com/watch?v=0O3420KSW5M

Penulis

5110 100 180 – Zahroh Nishful Lailiyah
Zahroh Nishful Lailiyah

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan