Farm Frenzy 2

 Review Game Edukasi

Farm Frenzy 2

Pernah terpikir menjadi seorang peternak sukses? Ingin merasakan memanajemen hewan ternak untuk mendapatkan keuntungan berlipat? Farm Frenzy merupakan sebuah permainan yang mengajak pemainnya untuk merasakan menjadi seorang peternak. Permainan dihadapkan pada sebuah pekarangan kosong, dimulai dengan membeli beberapa hewan ternak yang dijadikan resource awal. Jumlah hewan ternak yang dibeli berdasakarn uang yang dimiliki. Pada awalnya peternak hanya mampu membeli beberapa ekor ayam, di mana misi selanjutnya adalah memberi makan ayam dengan memberikan rumput yang ditanam di pekarangan. Untuk menanam rumput, dibutuhkan air yang dapat diambil dari sumur, di mana untuk melakukan recharge air dibutuhkan sejumlah uang. Ayam-ayam tersebut setelah beberapa saat akan mengeluarkan telur yang dapat langsung dijual. Tetapi, peternak diberikan pilihan untuk mengolah telur yang ada menjadi bahan makanan lain yang memiliki harga yang lebih tinggi. Caranya adalah dengan memasukkan telur yang ada ke dalam tempat pemrosesan telur yang berada di sisi pekarangan. Bahan makanan hasil proses lanjut ini memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan telur yang langsung dijual. Setelah bahan makanan siap di gudang, langkah selanjutnya adalah menjualnya ke pasar dengan cara membawa bahan makanan dengan menggunakan truk yang sudah tersedia.

Permainan

Setelah memiliki uang yang cukup, peternak dapat membeli hewan ternak dengan harga yang lebih tinggi. Pada versi kedua, Farm Frenzy menyediakan beberapa hewan ternak lain seperti babi dan sapi. Tentunya, daging yang dihasilkan dari kedua hewan ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan telor ayam. Peternak juga dapat melakukan upgrade pada perlengkapan-perlengkapan yang digunakan untuk meningkatkan produksi, baik dari sisi kapasitas gudang, kecepatan produksi tempat pembuatan bahan makanan, bahkan hewan pembantu seperti anjing dan kucing yang berguna untuk mengambil telur dan menghalau gangguan yang ada.

Game Map

Agar permainan lebih menantang, peternak juga dihadapkan pada gangguan-gangguan yang menghantui hewan ternak, seperti adanya beruang dan panda yang berusaha membunuh hewan ternak. Hewan-hewan pengganggu ini muncul secara random. Untuk itu, peternak perlu waspada setiap saat. Solusi untuk menghalau hewan pengganggu ini adalah dengan menangkap menggunakan kandang, untuk kemudian peternak dapat menjualnya ke pasar. Hewan-hewan pengganggu ini dapat dijadikan sumber pendapatan tambahan.

Reward

Kualifikasi Game

Genre : Strategy, Time Management

Theme : Livestock

ESRB Rating : Everyone

Stats Rating : 8,3 (http://www.gamesfreak.net/games/Farm-Frenzy-2_3608.html)

Platform : PC, Flash

Nilai Edukasi

Nilai edukasi game ini terletak pada manajemen hewan untuk meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin. Produk yang dihasilkan oleh hewan ternak memiliki harga tertentu. Pemain dituntut untuk berpikir mendapatkan keuntungan maksimal dalam waktu yang diberikan. Pemain juga berlatih untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat dalam kondisi yang semakin lama semakin menantang.

Video Trailer

Reviewer

Nama : Fadlika Dita Nurjanto

NRP : 5110100132

Fadlika Dita Nurjanto|Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan