Review Game Edukasi – Theme Hospital

 Review Game Realitas Virtual

Cover dari game yang bersangkutan

KLASIFIKASI

  • Judul: Theme Hospital
  • Genre: Business Simulation
  • Theme: Fantasy
  • Developer: Bullfrog Productions (PC), Krisalis Software (PSX)
  • Publisher: Electronic Arts
  • Release Date: 31 Maret 1997
  • Rating: 8.0/10.0 (GameFAQs)
  • ESRB: E (Everyone)
  • Platform: PC, PSX, Android

Theme Hospital adalah game simulasi pengaturan rumah sakit yang di develop oleh Bullfrog dan di publish Electronic Arts pada tahun 1997. Game ini mengajak pemain mendesain, membuat, dan mengelola rumah sakit melalui berbagai macam penyakit yang ada. Masing-masing penyakit memiliki cara dan syarat penyembuhan sendiri, sehingga membuat pemain harus dapat mengelola rumah sakitnya agar dapat beroperasi sebaik mungkin.

Tampilan Utama Theme Hospital

Pegawai yang dapat disewa pun ada macam-macam, mulai dari Dokter, Suster, Handyman dan Resepsionis. Resepsionis bertugas menerima tamu yang ada di meja resepsionis dan mengarahkan mereka ke ruang praktek umum terdekat. Handyman mempunyai 3 fungsi utama, untuk membersihkan sampah yang mengotori rumah sakit, membetulkan peralatan yang mulai/sudah rusak, hingga menyirami tanaman yang ada di rumah sakit agar tidak layu. Suster memiliki beberapa fungsi, diantaranya memberi obat sesuai resep dokter di apotik, merawat pasien di kamar rawat inap, dan lain-lain. Dokter memiliki peran tergantung gelarnya. Semua dokter dapat memegang jabatan pemegang ruang praktek umum. Dokter Psikiatris sajalah yang bisa menangani ruang Psikiater. Dokter Bedah sajalah yang boleh memegang kendali di ruang bedah. Dokter Peneliti sajalah yang mampu meneliti dan meningkatkan kinerja rumah sakit dengan pengetahuannya. Dokter dengan gelar Konsultan memiliki daya kerja yang jauh lebih tinggi dari dokter biasa dengan biaya yang lebih tinggi pula, namun dia bisa mengajarkan pengetahuannya ke dokter lain. Tiap level pemain memiliki tujuan yang harus dicapai, biasanya dengan meraih jumlah pasien yang disembuhkan dan jumlah uang yang dimiliki. Pemain juga akan menemui gempa bumi yang dapat menghambat kinerja pemain.

Jika pemain gagal mempertahankan finansial nya atau terlalu banyak membunuh pasien, maka pemain akan mengalami game over. Pemain diharapkan dapat menyembuhkan sejumlah pasien dan meraup keuntungan agar bisa menyelesaikan level tersebut melewati rintangan yang ada, misalnya gempa bumi.

Gameplay

Melalui serangkain level yang ada, pemain diminta membuat rumah sakit yang mampu menyembuhkan sejumlah pasien dan meraup keuntungan sebelum diberikan pilihan untuk maju ke level berikutnya. Pemain harus dapat mengelola rumah sakit dengan baik, misal tidak menyewa terlalu banyak pegawai, memenuhi kebutuhan pasien dan pegawai, dan mengalahkan ketenaran rumah sakit pesaing. Kadang ada keadaan darurat atau emergency yang dapat mendatangkan pasien dalam jumlah banyak sekaligus, yang memiliki timer kematian. Apabila pasien tidak cepat ditangani maka akan menimbulkan kematian yang mengurangi ketenaran rumah sakit. Ada juga bencana alam berupa gempa bumi yang dapat merusak peralatan rumah sakit. Pemain harus dapat memperbaikinya sebelum menimbulkan gangguan pada kinerja rumah sakit.

Nilai Edukasi

Game ini mengajarkan kepada pemain hal-hal penting dalam dunia bisnis, misalnya bahwa lebih banyak belum tentu lebih baik. Terlalu banyak pegawai akan menimbulkan kesulitan keuangan, dan belum tentu pegawai yang ada sudah bekerja sebagaimana kerasnya mereka dapat bekerja. Pengambilan keputusan juga dilatih, karena ketika pemain menemukan pasien yang memiliki kemungkinan kematian pemain akan disuruh memilih apakah ingin melanjutkan pengobatan atau tidak.Pemain juga dididik untuk menjaga kebersihan dan lebih menyayangi benda milik pemain lewat aksi Handyman membersihkan rumah sakit, merawat tumbuhan, serta menyiram tanaman yang ada di sekitar rumah sakit.

Trailer Theme Hospital Gameplay Video

 

NRP: 5110100177

Remy Giovanny Mangowal
Remy Giovanny Mangowal

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan