Donkey Kong Jr. Math

 Matematika, Review Game Edukasi

Donkey-Kong-Jr-Math

Deskripsi

Donkey Kong Jr. Math atau dalam versi jepang disebut Donkī Kongu Junia no Sansū Asobi adalah game kedua yang dikeluarkan sebagai pengembangan dari game sebelumnya yaitu Donkey Kong Jr. . Donkey Koy Jr. Math merupakan game edukasi untuk Nintendo di mana pemain harus memecahkan masalah matematika untuk menang. Game ini dirilis pada tanggal 12 December 1983 dan satu-satunya game “Education Series” dari game NES di Amerika pada waktu itu. Donkey Kong Jr Math tersedia dalam game Animal Crossing (bersama dengan beberapa judul NES lainnya). Game ini juga telah dirilis pada Wii Virtual Console di Jepang, Eropa, Australia, dan akhirnya Amerika.

Karakter dari game ini ialah Donkey Kong Jr. sebagai karakter utama yang nantinya akan memecahkan masalah matematika yang diberikan bersama dengan versi perempuan Donkey Kong Jr. berwarna merah muda. Juga terdapat karakter Donkey Kong yang berperan untuk memberikan permasalahan matematika.

donkey

GamePlay

Donkey Kong Jr. Math mempunyai 3 menu gameplay yaitu “Calculate A“, “Calculate B“, dan “+-x/ Exercise“.

Dalam menu “Calculate A” dan “Calculate B” tujuannya adalah membentuk rumus matematika untuk menerima poin dari Donkey Kong. Poin akan diberikan bila player berhasil membentuk rumus matematika dari permasalahan yang diberikan Donkey Kong. Donkey Kong nantinya akan memberikan sebuah angka dan player harus memberikan suatu rumus matematika yang meliputi operasi sederhana yakni penambahan, pengurangan , perkalian , dan pembagian untuk digunakan agar nilai rumus matematika yang dibentuk sama dengan angka yang diberikan oleh Donkey Kong. Player akan menerima poin bila berhasil membentuk rumus matematika sebelum lawan membentuk rumus tersebut. Jadi player dituntut untuk membuat rumus matematika lebih cepat dibandingkan dengan lawannya agar dapat menang. Perbedaan “Calculate A” dan “Calculate B” ialah pada tingkat kesulitannya.”Calculate B” mempunyai tingkat kesulitan yang lebih dibanding”Calculate A” karena”Calculate B” memberikan permalahan dalam angka negatif dan juga memberikan set angka awal dari rumus matematika yang akan dibentuk. Dalam menu ini tersedia untuk satu player atau dua player.

Dalam menu “+-x/ Exercise“, player diharuskan untuk memberikan jawaban matematika dari permasalahan yang diberikan Donkey Kong. Permasalahan tersebut berupa perhitungan operasi matematika sederhana seperti penambahan, pengurangan , perkalian , dan pembagian. Hanya saja sebelumnya player harus memilih terlebih dahulu jenis operasi matematika yang diujikan beserta banyaknya suku bilangan yang terlibat. Seperti permasalahan operasi perkalian tiga suku bilangan, permasalahan operasi penambahan enam suku bilangan, dll. Player akan menerima poin bila berhasil memberikan jawaban matematika dari permasalahan perhitungan operasi matematika sederhana yang diberikan. Dalam menu ini hanya tersedia untuk satu player.

Nilai Edukasi

Nilai Edukasi game Donkey Kong Jr. Math ini ditujukan agar dimainkan oleh anak-anak supaya lebih tertarik dalam memahami matematika. Player dapat memilih untuk bermain dengan komputer atau bermain dengan player lainnya (versus mode). Permasalahan matematika yang diberikan berupa permasalahan dalam operasi hitung matematika sederhana seperti pengurangan, pertambahan, perkalian, atau pembagian. Permasalahan matematika tersebut seperti membentuk rumus matematika dari angka yang diberikan secara cepat, serta menjawab persoalan dari operasi hitung matematika yang diberikan.

ScreenShot

donkey 3

donkey 2

donkey 4

donkey 5

Klasifikasi

Developer : Nintendo R&D2

Publisher : Nintendo

Genre : Platforming, Edutainment

Theme : Math, Challenge

Platform : Nintendo Entertainment System (NES) & Nintendo Virtual Console(Wii)

ESRB Rating : Everyone

Stats Rating : 4.4 from 77 User (http://www.gamefaqs.com/nes/587235-donkey-kong-jr-math)

Video

v=BrorLgm8lQE”>https://www.youtube.com/watch?v=BrorLgm8lQE

Info Pereview

Nama : Bryan Andi Gerrardo

NRP : 5110100152

Bryan Andi Gerrardo

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan