Deep Fritz

 Asah Otak, Review Game Edukasi

Bermain catur, bagi kebanyakan orang adalah permain yang menyenangkan dan banyak juga yang bilang tidak menyenangkan. Catur merupakan game yang membutuhkan ketenangan dan kefokusan dalam berpikir, berpikir untuk menentukan langkah selanjutnya dan mengantisipasi langkah lawan dan berpikir untuk menyerang serta memikirkan suatu hal yang diluar musuh pikirkan. Banyak sekali buku-buku cara bermain catur kita dapat jumpai, mulai dari buku pedoman, buku peraturan, buku opening (pembukaan), buku middle game, sampai yang paling digemari ialah buku Combination. Tidak akan kami bahas satu persatu maksut dari buku-buku tersebut, karena akan begitu banyak dan lebar penjelasannya.

 
deepfritz

Game ini bernama Deep Fritz 12, sebelumnya ChessBase telah membuat Deep Fritz 11 , Deep Junior , Deep Rybka, dll. Game Deep Fritz ini memiliki ratting game catur nomor 6 di dunia, dengan point 3110, yang hanya berjarak 103 point dari peringkat pertama yaitu Deep Rybka (Swedish Chess Computer Assosiation) pada September 2010. Game Deep Firtz 12 ini sangat populer karena memiliki beberapa fitur yang merupakan tambahan dari game Deep Fritz 11. yaitu pada game ini terdapat buku opening yang dibuat  oleh Alex Kure, database game permainan catur international mulai dari tahun 1625 sampai dengan 2009, dan juga ada video tutorial bermain catur. selain itu, game ini  juga bisa dibuat untuk bermain catur melawan deep fritz (CPU), bisa digunakan untuk menghitung kemampuan otak dari pemain.

main

Banyak sekali yang dapat di pelajari dalam game ini, misalkan opening. Ada banyak opening dalam catur, dan ada pula banyak cabang opening dalam catur. Saya berikan beberapa contohnya berikut ini,

1. Ruy Lopez (Spanyol Opening)
langkah awalnya, 1.E4-E5 2.Nf3-Nc6 3.BB5
2. Italian Game
langkah awalnya, 1.E4-E5 2.Nf3-Nc6 3.Bc4
3. Sicilian Defence
langkah awalnya, 1.E4-C5
4. French Defence
langkah awalnya, 1.E4-E6
dan lain sebagainya.

Pasti susah bagi pemula untuk belajar dan memahami notasi catur tersebut, pada game ini juga terdapat fitur untuk belajar opening.

 opening

Pada game ini beda dengan game-game yang lainnya, disini tidak ada misi untuk mendapatkan medali atau sebagainya, disini pemain bisa melihat tutorial bermain, melihat hasil-hasil pertandingan, bisa melakukan latihan-latihan mengenai catur, dan fitur utamanya yaitu bisa mengukur kemampuan otak pemain saat bermain catur.

Aturan mainnya, (saat melakukan pengukuran kemampuan otak bermain)

1. Bermain sebagai pemain putih

2. Bermain catur seperti biasa

3. Peraturan sama dengan peraturan catur seperti biasa

 
chess play
 

Klasifikasi Game :

Genre :  Board Game

Theme : Learning and Playing

Rating Category : Everyone

Platform : Microsoft Windows

Rating Game : 3110 , peringkat 6 internasional (Swedish Chess Computer Assosiation)

 

Nilai Edukasi :

1. Bisa digunakan sebagai tempat berlatih bermain Catur, opening, middle, combination dll.

2. Bisa mempelajari hasil pertandingan internasional berupa notasi beserta simulasi pergerakan bidak.

3. Bisa langsung dibuat bermain Catur melawan CPU, mode bermain biasa atau mode perhitungan otak.

Video Play Game

NRP : 5110100060
Nama : Mochamad Febrian
 
Mofean Febri

Buat Lencana Anda

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan