Danganronpa

 Asah Otak, Bahasa, Review Game Edukasi

Genre : Visual Novel, Puzzle, Logic
Platform : PSP
Developer : Spike
Rating : 9.0 (gamefaqs)

Penjelasan singkat

Danganronpa, adalah sebuah permainan simulasi persidangan dengan pemain bertindak sebagai tokoh utamanya yaitu seorang anak SMA bernama Makoto Naegi yang dikurung dalam suatu gedung sekolah, Hope’s Peak Academy , oleh seorang yang menamakan dirinya Monokuma. Monokuma menawarkan satu cara untuk keluar, dengan membunuh seseorang tanpa ketahuan.

Setelah pembunuhan terjadi, pengadilan kelas akan dilaksanakan, di mana orang-orang yang masih selamat harus menentukan siapa pelakunya. Bila mereka memilih orang yang salah, maka si pelaku akan dibebaskan, sementara yang lain akan dieksekusi. Makoto berjuang untuk bertahan hidup dari pengadilan ini dan mengungkap misteri Hope’s Peak Academy.

Mekanisme permainan

  1. Mula-mula pemain akan menjalani kehidupan sehari-hari di akademi.
  2. Pembunuhan terjadi.
  3. Pemain akan melakukan olah TKP.
  4. Persidangan dilakukan, orang-orang yang masih selamat memperdebatkan siapa pelakunya.
  5. Pemain menunjukkan pertentangan-pertentangan yang ada sambil mengunkap kebenaran .
  6. Orang-orang yang masih selamat melakukan voting.

Apa saja unsur edukasi dalam permainan ini?

1. Daya ingat

Pemain akan disuguhkan banyak data yang harus dioalh di dalam otak. Tugas pemain dalam permainan ini adalah menemukan kejanggalan-kejanggalan yang seharusnya tidak diutarakan dalam persidangan.

2. Logika

Jika a maka b, jika b maka c. Premis-premis seperti ini akan sangat banyak terjadi di dalam permainan. Akan banyak sekali kasus-kasus yang akan melibatkan alur logika dan seberapa tanggap pemain menggunakan logikanya.

3. Ketelitian

Membaca berkas-berkas yang disuguhkan dalam pengadilan dan menelitinya baris demi baris untuk menemukan ketidakcocokan antara persidangan dengan bukti-bukti yang ada.

4. Analisa

Seringkali dalam beberapa kasus pemain harus mampu menganalisa untuk menemukan perkembangan yang akan terjadi pada setiap pilihan yang diberikan. Meskipun permainan ini alurnya tidak bercabang, tetapi apabila salah memilih jawaban maka bisa jadi pemain akan berputar-putar di tempat yang sama.

5. Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang

Permainan ini utamanya mengandalkan kemampuan berbahasa inggris karena bentuknya visual novel, tapi juga ada audio dalam bahasa jepang. Tapi bukan hanya sekedar tahu saja, pemain juga harus paham bagaimana komunikasi terjalin sehingga bisa mengikuti alur persidangan yang terjadi.

Mengapa permainan edukasi ini terbaik?

Game ini sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Terbukti permainan ini bisa mencetak skor 9.0 dan tentu saja sudah diakui di seluruh dunia. Grafis yang bagus, cerita yang menarik, konflik yang luar biasa, pengisi suara papan atas, dan musik pendukung yang tidak ada duanya. Selain itu unsur-unsur edukasi sangat melekat erat pada permainan ini karena permainan ini sangat mengandalkan kemampuan otak dari pemain.

File pendukung

Video trailer :

Video gameplay :

Antonio Cahyadi Limantara

5110100187

Antonio Liem | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan