Brain Challenge 3: Think Again!

 Asah Otak, Matematika, Review Game Edukasi

DESKRIPSI SINGKAT DAN CARA MAIN

Brain Challenge adalah game yang mirip dengan Big Brain Academy, merupakan game asah otak. Permainan ini dikembangkan oleh Gameloft untuk ponsel dan iPod dan dirilis pada tanggal September 2009. Permainan ini juga terstruktur seperti Big Brain Academy. Pada versi ketiga dalam teka-teki(Brain Test) dibagi menjadi empat kategori terpisah:

  • Logika
  • Memory
  • Matematika
  • Visual
  • Focus

Selain game asah otak, ada juga tes buat menghitung tingkat stres dan juga kemampuan mata kita. Dalam game Brain Challenge ini, total ada 35 mini games yang dapat kita mainkan. 35 game mini ini sangat membuat otak kita tertantang selama berjam-jam untuk memainkan dan memacahkan tes-tes yang ada. 35 game mini tersebut terdiri dari 25 game mini untuk asah otak (logika, memory, matematika, visual dan fokus), kemudian 5 game mini untuk tingkat stres, dan 5 sisanya adalah game mini dalam kategori pelatihan visual untuk mencegah kaburnya penglihatan.

Permainan ini memiliki dua mode:

  • Daily Test: Tingkat kesulitan secara otomatis menyesuaikan seluruh permainan berdasarkan kinerja otak.
  • Pelatihan Gratis ( Training Room): Memungkinkan pemain untuk memilih latihan pilihan mereka pada tiga tingkatan yang tersedia (Easy, Medium, Hard).

Pada training room, permainan dapat dimainkan di tiga tingkat kesulitan, dan teka-teki yang lebih kompleks akan dibuka melalui kemajuan pemain melalui permainan .

Contoh dari game mini yang ada sebagai berikut:

Memory – Music Party

Pada mini game ini akan dilantunkan musik dari alat musik yang ada, setelah musik selesai dilantunkan kita harus mengurutkan dari mana musik tadi berasal.

Stress Training – Maze

Mini game ini berada pada kategori stres training, disini kita harus mengeluarkan karakter dari maze. Tetapi ada jumlah perpindahannya, jika karakter tertabrak oleh monster atau jumlah perpindahannya habis maka pada level ini kita gagal dan akan lanjut ke level berikutnya dengan maze yang berbeda, semakin level naik semakin rumit mazenya dan semakin banyak monster yang menghadang.

Vision Training – Animal Find

Mini game ini terdapat pada kategori vision training. Pada kategori ini dapat melatih meningkatkan kemampuan penglihatan kita. Cara memainkan mini game ini sangat sederhana, kita diharuskan memilih binatang yang tidak ada di hutan. Semakin level naik, maka tingkat kesulitannya pun terus bertambah.

Tampilan Scoreboard

Jika dari setiap mini game kita dapat menjawab semuanya dengan benar maka kita mendapatkan nilai A+, tetapi jika ada yang salah maka hasilnya dibawah A+. Penilaiannya antara A+ hingga F.

Mode permainan

Pelatih Pribadi: Sistem pelatih yang disempurnakan untuk memastikan program perkembangan otak yang paling dipersonalisasi

Grafik Brain: Grafik lucu dan segar yang membuat game ini enak dipandang mata

Nilai Edukasi?

Menurut saya, nilai edukasi yang bisa kita dapatkan dari game ini sangatlah banyak, yaitu mengasah otak kita dengan 5 kategori. Pada saat memainkan game ini, secara tidak langsung kita dapat melatih kemampuan berpikir logika, kemampuan mengingat, melatih untuk fokus pada suatu hal, melatih penglihatan dan melatih kemampuan dasar matematika. Selain 5 kategori tersebut, kita juga bisa melatih mengendalikan stres dengan game ini dan kita juga bisa melatih penglihatan mata kita agar tidak kabur.

VIDEO GAMEPLAY
Untuk trailer dan gameplay dapat dilihat di link di bawah ini:
Brain Challenge 3: Think Again!

Pereview

Andina Trya Ramadhayanti

5111100177
Andina Trya Ramadhayanti

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan