Simulasi Gedung Pusat Robotika ITS

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

 

Gedung-Robotika-ITS-1

Sebagai mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), pastinya pernah mengunjungi salah satu gedung “landmark” serbaguna yang dimiliki ITS dimana gedung ini tidak pernah sepi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh civitas akademika ITS baik berupa seminar, perlombaan, expo, dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih fungsi dan peran utama Pusat Robotika ITS di lingkup Institut sendiri? Dan kenapa nama gedung ini dinamakan gedung robotika? Pasti sebagian mahasiswa ITS banyak yang belum tau.

Pusat Robotika ITS merupakan gedung pusat pengembangan ilmu tentang rancang bangun robot dan aplikasinya. Selain itu, juga difungsikan sebagai pusat penelitian dan pengembangan energi alternatif. Mengenai digunakannya nama “Robotika” sebagai nama untuk gedung ini tidak lain karena ITS saat ini sedang giat-giatnya mengembangkan berbagai produk robot tertentu untuk kebutuhan industri terkait sehingga untuk mendukung terciptanya kualitas produk robot yang baik, maka tiap tahun di gedung ini diadakan kompetisi robotika tahunan.

robotika2

Gedung yang pembangunannya menelan biaya Rp.50 Miliar dan terletak di kawasan Techno Park ITS ini didirikan mulai akhir tahun 2009 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Desember 2010. Pusat Robotika bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) – ITS.

robotika1

Bagi anda yang ingin mengunjungi gedung Robotika ITS ini tetapi tidak mempunyai cukup waktu untuk menjelajahi tiap sudut bangunan ini, tidak perlu berkecil hati karena telah ada sebuah aplikasi 3D Simulasi Gedung Pusat Robotika ITS hasil karya mahasiswa Teknik Informatika – ITS. Beberapa kelebihan dari aplikasi ini diantaranya adalah unsur realitas fakta, dimana dalam pembuatan simulasi ini pengembang membangun maket gedung ini dengan sedetil-detilnya dan mempertimbangkan ukuran-ukuran dokumen “blueprint” yang dimiliki pihak Perencanaan Fisik ITS maupun hasil survey langsung lapangan yang dilakukan oleh tim pengembang.

Selain itu, keunggulan berikutnya adalah aplikasi ini bergenre First Person Shooter (FPS), dimana pengguna seolah-olah berada di lingkungan gedung Robotika dan serta pengguna bisa bergerak maju kedepan, kebelakang, kekiri, maupun kekanan untuk berkeliling pada area gedung. Aplikasi ini menggunakan Google SketchUp untuk sketsa maket gedung dan CryEngine3 untuk tools pembuatan simulasinya.

screenshot 1 screenshot 2 screenshot 3 screenshot 4

 

Link Video Youtube :http://youtu.be/y5Sm_ZSsbEo

Oleh

Anugerah Firdaus 5110100089

Anugerah Firdaus

Create Your Badge

Mohammad Farid Naufal 5110100094

Mohammad Farid Naufal

Create Your Badge

Artha Pradyta 5110100109

Artha Pradyta

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan