Simulasi Gedung Graha Sepuluh Nopember

 Tugas Kuliah Realitas Virtual

Final Project Kuliah Realitas Virtual 2013
Simulasi Gedung Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya

Trailer Youtube : http://youtu.be/1jXMBWemavY dan http://youtu.be/PvXlwiJA6po

Link Download :  http://bit.ly/ZZ9k89

laa

Apabila Anda datang ke ITS Surabaya, tidak lengkap rasanya kalau belum melihat Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya. Gedungnya yang agung bahkan sudah dapat dilihat dari gerbang ITS. Terletak di jalan raya Kampus ITS Sukolilo, Graha ITS selalu menarik perhatian siapapun yang lalu lalang. Kebesarannya begitu menggambarkan bagaimana perjuangan pendirian kampus ITS Surabaya yang gotong royong, tidak mudah, dan butuh kerja keras. Kehijauannya yang asri begitu menggambarkan suasana teduh jiwa-jiwa amanah arek ITS. Sekilas, terlihat bahwa Gedung Graha ITS begitu mengedepankan nuansa kedaerahan yang elegan. Tidak heran, pesonanya membuat gedung ini begitu diminati banyak orang sebagai saksi bisu acara-acara penting dan sakral mereka.

Sumber : http://www.flixya.com/photo/2137193/Graha-ITS-Building-from-the-sky

Sumber : http://www.flixya.com/photo/2137193/Graha-ITS-Building-from-the-sky

Gedung dengan luas bangunan 3.841 m2 ini mempunyai 3 lantai yang terdiri dari lantai dasar (ruang utama) dengan sebuah panggung permanen dan beberapa ruang tutup buka, serta lantai I dan II merupakan balkon dan tribun. Gedung berbentuk segi enam yang memiliki daya tampung kurang lebih 3.000 orang ini juga dilengkapi dengan ruang sidang dan pendingin ruangan serta fasilitas parkir yang dapat menampung kurang lebih 500 kendaraan roda empat.

Graha ITS memiliki kemegahan arsitektur yang khas. Bangunan berbentuk segi enam tersebut terdiri dari 3 lantai dan beberapa ruangan. Di setiap sisi bangunan terdapat pintu masuk dan jendela sebagai akses menuju bagian dalam Graha. Selain itu, sisi-sisi graha juga dilengkapi tangga dasar dan tangga menuju ke lantai dua. Di setiap sudut bangunan juga terdapat taman-taman cantik yang menghiasi dan menghijaukan Graha. Di bagian depan graha, terdapat taman dan kanopi sebagai jalur masuk yang tertata rapi. Atap Graha terdiri dari 2 lapisan atas dan bawah yang semakin meruncing di bagian atasnya.

sumber: dokumentasi pribadi

sumber: dokumentasi pribadi

 

sumber: http://prospektus.its.ac.id/fasilitas-lain.html

sumber: http://prospektus.its.ac.id/fasilitas-lain.html

Struktur bangunan graha ITS bagian depan ini menggunakan struktur Post and Beam, dimana dalam struktur ini terdapat hubungan balok dan kolom yang tersusun dan terikat satu sama lain. Pada bangunan depan graha ini sendiri bentuk kolom dibuat membuka ke atas untuk dapat menahan balok di 4 titik berbeda, hal ini ditujukan untuk pembebanan pada satu titik kolom.

sumber: dokumentasi pribadi

sumber: dokumentasi pribadi

Untuk mempermudah mengenali salah satu bangunan ikon ITS, kami berinisiatif untuk membuat aplikasi Simulasi Gedung Graha ITS Surabaya yang menvisualkan bangunan Graha ITS secara grafis. Aplikasi 3 Dimensi ini menyimulasikan kondisi bangunan Graha ITS dengan pendekatan First Person Camera. Aplikasi ini menvisualkan gedung Graha ITS dan beberapa ruangan di dalamnya.

sketsa tampilan graha ITS  menggunakan Google Sketch Up

sketsa tampilan graha ITS menggunakan Google Sketch Up

 

Tim Pengembang : 

Rizka Noviana Indriyani – 5110100133
Rizka Noviana

Buat Lencana Anda

Fadhilah Kurnia Putri – 5110100201
Fadhilah Kurnia Putri

Create Your Badge

Yenita Dewi Nurseha – 5110100213
Yenita Dewi Nurseha

Create Your Badge

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan