Review Game Amazing Alex

cover

Deskripsi singkat
Amazing Alex adalah permainan yang dikembangkan oleh Rovio, pembuat dari Angry Birds. Permainan ini dirilis pada tahun 2012. Amazing Alex ini merupakan permainan dimana memiliki latar belakang cerita yaitu imajinasi dari Alex. Alex dengan imajinasinya mampu mengubah apapun menjadi petualangan. Dari membersihkan ruangannya sampai melakukan pertarungan kardus robot di halaman belakang rumahnya. Alex membuat reaksi berantai yang luar biasa untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pada permainan ini ia memiliki beberapa tantangan. Apa solusi yang paling kreatif yang dapat kita buat sebagai pemain. Permainan Amazing Alex ini dapat dimainkan pada iPhone, iPad dan Android.

Aturan Main
Pada setiap level akan terdapat benda-benda. Dimana pemain meletakkan benda-benda ini sedemikian rupa sehingga dapat menyelesaikan tugas dari setiap level. Tugas dari setiap level seperti memasukkan bola sepak ke dalam keranjang. Benda-benda yang diletakkan akan memiliki sifat-sifat fisik. Setelah selesai meletakkan benda-benda maka pemain menekan tombol play untuk menjalankan sehingga dapat mengetahui berhasil atau tidak menyelesaikan tugas dari setiap level tersebut.
cover2

Skenario
Terdapat beberapa katalog atau note dimana setiap katalog memiliki nama yang berbeda. Setiap katalog terdiri dari kumpulan level. Terdapat juga reward berupa bintang. Maksimal reward yang didapat untuk setiap level adalah 3 bintang. Empat katalog yang merupakan katalog utama yaitu The Classroom, The Backyard, Alex’s Bedroom dan The Treehouse. Tiga katalog lainnya adalah Levels of the week, Downloaded levels dan My Levels. Untuk katalog Levels of the week dan downloaded levels merupakan level tambahan dimana berisi level yang dapat didapatkan ketika terhubung ke internet. Katalog My Levels merupakan editor untuk membuat level sesuai keinginan dari pemain. Katalog The Classroom memiliki 16 level, katalog The Backyard memiliki  32 level, katalog Alex’s Bedroom memiliki 32 level dan katalog The Treehouse memiliki 32 level.

Tips
Pada katalog-katalog akhir disarankan untuk lebih berfikir out of box khususnya apabila ingin mendapatkan reward bintang tiga. Fokuslah lebih kepada untuk mendapatkan bintang dengan barang-barang yang tersedia. Semisal pada suatu level permainan tersedia mobil remote kontrol, mobil tersebut belum tentu digunakan untuk mendapatkan bintang, tetapi menggunakan benda lain yang ternyata bisa untuk mendapatkan bintang. Contohny box yang ditaruh di atas bintang akan jatuh mengenai bintang karena gaya gravitasi terhadap box tersebut, atau ayunan kecil yang jika dimiringkan di dekat bintang sedemikian rupa akan mengayun seimbang sehingga mengenai bintang.
cover3

Trailer
Trailer dapat dilihat pada:
http://www.youtube.com/watch?v=xk7vezL36IU

Nilai Edukasi
Permainan ini dimainkan dengan membawa sifat fisik dari benda. Dapat dikatakan juga sebagai game physic puzzle. Untuk dapat menyelesaikannya maka mengerti sifat dasar dari benda akan membantu. Semisal pada katalog The Classroom terdapat bola sepak. Bola sepak merupakan benda padat. Sifat dasar dari benda padat yaitu benda padat tidak dipengaruhi tempatnya. Jadi bentuknya akan tetap bola sepak meskipun dimasukkan ke dalam kotak seperti ember. Benda padat juga dapat terpengaruh oleh gravitasi. Jadi ketika bola sepak ditaruh pada ketinggian tertentu maka ia akan bergerak ke bawah. Bola juga dapat menggelinding jika diberi gaya dorong oleh benda padat lainnya semisal terkena tumpukan buku atau gaya dari bola. Terdapat arah pantulan bola yang berbeda-beda apabila mengenai sisi kayu dengan sudut yang berbeda. Pada katalog The Classroom juga terdapat balon, balon ini berisi udara. Balon akan terbang ke atas jika tidak ada tali yang mengikatnya pada sesuatu. Balon juga dapat meletus apabila terkena benda yang tajam. Pada katalog The Backyard terdapat ember yang dapat diikatkan pada tali. Ember yang terikat ini dapat berayun dimana kecepatan ayun dapat berubah apabila ember terkena benda lain seperti bola yang mengarah pada ember. Terdapat juga ayunan kecil yang seperti jungkat-jungkit dan juga ketapel. Pada permainan ini juga dilatih kemampuan kreatifitas dengan barang yang tersedia, bagaimana dapat menyelesaikan permainan pada setiap level.

Gama Wisnu Fajarianto

Link untuk mendapatkan Game
http://download.amazingalex.com/

 

Leave a Comment