Ni no Kuni, Game edukasi AAA

 Review Game Edukasi, Review Game Realitas Virtual

http://www.gametrailers.com/videos/irgyrz/ni-no-kuni–wrath-of-the-white-witch-import-preview

 

Game edukasi biasanya kurang menarik bagi umum dibandingkan game biasa, tapi ada game edukasi yang para developernya adalah tim all star. Dikembangkan oleh Level5 studio, animasi oleh Studio Ghibli, composer oleh Joe Hishashi, dan musik dimainkan oleh Philaharmonic Orchestra, Ni no Kuni benar-benar memanjakan pemain dengan gameplay yang menarik, style gambar yang lucu dan imut, cerita yang terbilang unik untuk game sejenisnya, dan nilai edukasi moral yang mendasar yang menjadi pesan tersirat sepanjang permainan.

Kisahnya sendiri berkutat pada Oliver, seorang anak di Motorville yang ibunya meninggal terkena serangan jantung setelah menyelamatkan Oliver. Ketika Oliver menangisi ibunya sembari memeluk boneka buatan ibunya, boneka itu hidup dan mengatakan bahwa ibunya bisa hidup kembali dengan menyelamatkan “kembaran” ibunya di dunia lain. Maka dimulailah perjalanan Oliver ke Ni no Kuni (yang secara harfiah artinya dunia kedua). Sepanjang perjalananya, Oliver bertemu teman baru dan mengadopsi banyak makhluk indah yang menghuni dunia, membesarkan mereka untuk memerangi makhluk lain atas namanya saat ia bertemul musuh tangguh.

Ni no Kuni memiliki battle system yang terbilang unik untuk jenis permainan RPG. Pemain yang berperan sebagai penyihir, bisa memilih untuk maju ketika pertarungan atau memilih “familiar” sebagai wakilnya ketika pertarungan berlangsung. Familiar ini hanya bisa dikeluarkan dalam waktu yang terbatas. Nantinya, ketika familiar mencapai level tertentu, ia bisa dievolusikan menjadi bentuk yang lebih kuat.

beberapa familiar yang ada

Ni no Kuni mengandung nilai pendidikan moral dasar yang disampaikan tersirat dan tersurat sepanjang permainan. Sepanjang permainan, pemain diajarkan agar berbuat baik pada sesama, menolong yang kesusahan, dan berbakti terhadap ibu. Banyak fitur dalam game yang “mengharuskan” pemain untuk berbuat baik, misalnya ketika ada orang yang kurang “motivasi”, maka kita harus mencari orang yang punya motifasi berlebih, mengekstrak motivasi berlebih itu dan memberikanya pada orang yang kekurangan motivasi tadi.

Karakter dalam game ini antara lain :
• Oliver (オリバー Oribaa) – tokoh utama dalam game ini. Tidak lama setelah ibunya meninggal, ia dan Drippy melakukan perjalanan ke dunia lain untuk mengidupkan ibunya dan menyelamatkan dunia lain itu.
• Drippy (シズク Shizuku?) – Penguasa para peri yang dikutuk oleh Shadar menjadi boneka. Ia terbebas dari kutukan setelah terkena air mata Oliver yang menangisi Ibunya. Ia memandu Oliver dalam petualanganya di Ni no Kuni untuk mengalahkan Shadar.
• Esther (マル Maru?) – seorang gadis periang yang ditemui Oliver di Ni no Kuni. Menyukai musik, sifat Optimistisnya sangat disukai teman-temanya.
• Swaine (ジャイロ Jairo?) – seorang maling dan penipu. Dia dan Oliver bertemu ketika ia mencuri sesuatu yang tidak boleh dihilangkan dalam persahabatan.
• Marcassin (ラース Lars?) – “Porcine Prince” dari kerajaan teknologi Hamelin.
• The White Witch (白き聖灰の女王 Shiroki seihai no jōu?) – orang yang mengamati Oliver dari bola kristalnya. Motifnya untuk terus memantau Oliver masih menjadi misteri.
• Shadar (ジャボー Jabō?) – Jin kegelapan yang mencuri nilai-nilai positif seseorang dari hatinya. Ia juga melarang penduduk Ni no Kuni untuk menggunakan ilmu magis. Orang-orang takut padanya.

game bisa dibeli di sini

Irsyad Arif M
5112201034

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan