Ksatria Pemberantas Narkoba : Drug War

 Kepedulian Sosial, Review Game Edukasi

Capture
Deskripsi Singkat

Game Ksatria Pemberantas Narkoba : Drug War adalah game edukasi anti narkoba dengan genre RPG yang menceritakan tentang seorang ksatria yang berjuang untuk memberantas jaringan pengedar narkoba internasional. Tingkat konsumsi narkoba semakin meningkat, mulai dari kalangan orang tua sampai dengan generasi muda, dari yang hidup di jalanan sampai yang tinggal di rumah mewah. Narkoba berpotensi kuat menghancurkan bangsa dan peradaban dunia. Oleh karena itu, dengan memainkan game ini diharapkan secara tidak langsung dapat memberikan edukasi kepada player tentang jenis-jenis narkoba, dan bahaya penggunaan narkoba.

Alur cerita permainan ini dimulai dari sang ksatria yang mendapat misi untuk memberantas jaringan internasional pengedar narkoba. Sang ksatria kemudian berusaha mencari  informasi keberadaan gembong narkoba internasional. Dalam pencarian informasi  tersebut, sang ksatria akan bertemu dengan berbagai macam orang dan buku untuk  memperoleh pengetahuan tentang narkoba. Dalam setiap stage, sang ksatria akan  berusaha membakar narkoba yang ditemuinya, memakan buah dan sayuran yang sehat,  dan memberantas pengedar, penjual, geng, serta gembong narkoba yang ditemuinya.

Capture1

Apabila salah satu gembong narkoba internasional telah diberantas, maka player akan naik level. Di level berikutnya, player akan berusaha memberantas gembong narkoba internasional yang lain. Nama gembong narkoba internasional yang digunakan dalam game ini disesuaikan dengan realita yang ada seperti Terry Adams, Vicente Carillo Fuentes, Diego Perez Henao, Pasqualle Scotti, Kenichi Shinoda, dan lainnya.

Stage dalam game ini dibuat bervariatif agar membuat player betah, dan penasaran dalam memainkan game ini. Untuk sekuel “Drug War” ini terdapat 4 level. Level 1 menggunakan stage pasar, dan jalanan. Level 2 menggunakan alun-alun, dan diskotek. Level 3 menggunakan stage dalam rumah, pusat perbelanjaan / mall, dan rumah senjata. Level 4 menggunakan stage persembunyian hutan terpencil, dan rumah senjata / narkoba. Khusus untuk level 4, ksatria pemberantas narkoba akan mendapat teman yang akan membantunya.

Capture2

Skenario

  1. Player memainkan peran sebagai ksatria pemberantas narkoba.
  2. Player menerima misi untuk memberantas pengedar, penjual, geng, serta gembong narkoba yang ditemuinya.
  3. Player mencari dan membakar narkoba yang ditemukan.
  4. Player mencari dan memakan buah dan sayuran yang ditemukan.
  5. Player mencari dan memberantas pengedar, penjual, geng, serta gembong narkoba yang ditemuinya.
  6. Akan ada edukasi tentang narkoba pada saat bertemu dengan berbagai macam orang, buku, dan proses pencarian informasi keberadaan gembong narkoba internasional.

Aturan Main

  1. Player akan memperoleh poin setelah berhasil membakar narkoba yang ditemuinya.
  2. Player akan memperoleh poin setelah berhasil memberantas pengedar, penjual, geng narkoba yang ditemuinya.
  3. Apabila tidak siap, pemain dapat menghindar dari pertarungan dengan pengedar, penjual, geng, serta gembong narkoba yang ditemuinya.  Player akan memperoleh tambahan kekuatan setelah berhasil memakan buah / sayuran.
  4. Player akan naik level setelah berhasil meringkus salah satu gembong narkoba internasional.
  5. Player akan menang setelah menyelesaikan misi memberantas semua gembong narkoba internasional.

Nilai Edukasi

  1. Mengenalkan jenis-jenis narkoba, dan bahaya penggunaan narkoba.
  2. Menanamkan gerakan anti narkoba, dan anti menjadi pemakai, pengedar, penjual, geng, serta gembong narkoba.
  3. Melatih keberanian mencari informasi, dan bersosialisasi dengan orang lain.

Screenshoot :

Capture3

Capture4

Capture5

Capture6

Oleh :

Sugiyanto     5112201039
Widhy H       5112201045

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan