Cogs

 Asah Otak, Fisika

Developer: Lazy 8 Studios

Released: 2009

 

Diskripsi

Cogs adalah permainan puzzle yang memenangkan penghargaan untuk PC, iPhone, iPad, Mac, Android dan netbook.  Cogs adalah memiliki terobosan baru dengan gambaran sebuah mesin kuno yang terdiri dari roda-roda gerigi dengan menggabungkan tampilan 2D dan 3D sehingga tampak lebih menarik perhatian pemain untuk menyelesaikan teka-teki. Dalam permainan ini, pemain harus berusaha membuat sebuah mesin atau mekanik berfungsi.

Cogs1
Cogs2

Aturan main

Dalam permainan Cogs, pemain dapat memainkan 50 level dalam 3 aturan main (game play), yaitu :

  1. INVENTOR MODE, dimulai dengan teka-teki sederhana, pemain diperkenalkan dengan widget yang digunakan untuk membangun mesin – roda gigi, pipa, balon, lonceng, palu, roda, alat peraga, dan banyak lagi.
  2. TIME CHALLENGE MODE, jika Anda menyelesaikan teka-teki di Inventor Mode,Time Challenge Mode akan terbuka. Kali ini, pemain akan memerlukan sedikit pergerakan untuk menyelesaikan teka-teki. Dalam mode ini pemain hanya dibatasi 30 detik saja.
  3. MOVE CHALLENGE MODE, dalam mode ini pemain diharuskan berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Move Challenge Mode membatasi pergerakan pemain dalam menyelesaikan teka-teki. Pemain hanya diberikan 10 langkah saja untuk menyelesaikan teka-teki.

 

Skenario

Dalam permainan ini pemain dihadapkan pada dunia steampunk dengan desain visual yang menakjubkan. Pemain membangun mesin yang bervariasi dan luar biasa. Steampunk merupakan sub-genre fiksi ilmiah yang umumnya menceritakan tentang mesin bertenaga uap yang terinspirasi oleh peradaban industri barat selama abad ke-19. Dimana pada abad ke-19 telah banyak menggunakan peralatan mekanis yang digerakan oleh tenaga uap. Dalam permainan Cogs, gambaran mekanik pada mesin bertenaga uap dijadikan sebuah puzzle untuk diselesaikan oleh para  pemainnya.

 

Nilai Edukasi

Dalam permainan cogs terdapat beberapa nilai edukasi yang dapat dipetik oleh para pemainnya, antara lain :

  • Imajinasi, permainan cogs memancing daya imajinasi pemain dalam menyelesaikan permasalahan (teka-teki) dengan memanfaatkan peralatan yang ada.
  • Fisika Teknis, pemain juga dapat mempelajari bagaimana cara sebuah mekanik bergerak sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan permasalahan.
  • Kesabaran dan Ketepatan, permainan ini dapat melatih kesabaran dalam menyelesaikan permasalahan (teka-teki) dan berfikir tepat dalam langkah yang diambil, sehingga permasalahan dapat diselesaikan secara efektif.

 

Trailer Video

Trailer dapat dilihat disini.

 

Link
Direview Oleh :
Bayu Priyambadha (5112201011)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan