Asah Kemampuan Terbangmu

 Berita Media, Review Game Edukasi, Simulasi

hawx

Anda suka game action? Tertarik dengan model-model pesawat? Mungkin game ini cocok untuk Anda.  Tom Clancy’s HAWX adalah game besutan Ubisoft yang dirilis pada 17 Maret 2009. Genre dominan dari game ini merupakan perpaduan dari Arcade, flight action, dan simulation. Bagi pecinta pesawat game ini cukup mengedukasi penggemar melalui visualisasi pesawat tempur. Pasalnya, pesawat yang ada di game ini dibuat berdasarkan perkembangan pesawat tempur nyata di dunia. Selain pengetahuan di bidang aerodinamika, unsur edukasi pada game ini juga terdapat pada penanaman keterampilan mengemudikan pesawat. Genre simulation sangat diperlihatkan Tom Hays (produser.red) melalui keterampilan mengontrol pesawat yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Kontrol pesawat ini akan lebih terasa nyata jika anda memainkan game ini menggunakan Joystick. Untuk lebih mendapatkan sensasinya, Tom Clancy’s HAWX juga memiliki view point yang beragam sehingga kita bisa mengatur posisi di luar pesawat ataupun di dalam kursi pilot. Rating game ini adalah remaja, namun hal positif dari game ini adalah tidak adanya visualisasi pertumpahan darah dan unsur kekerasan secara eksplisit.

Pada awal permainan, pemain akan diposisikan sebagai pilot yang bertugas menghancurkan benteng pertahanan musuh. Ada informasi ketinggian, kecepatan dan peta yang disediakan ketika bermain. Dibekali beberapa jenis senjata, pemain diharuskan menghancurkan semua target yang ada. Pemain dan musuh sama-sama dibekali rudal, sehingga yang menjadi hal tersulit dalam permainan ini adalah bagaimana pemain mengontrol pesawat agar terhindar dari rudal. Untuk menembakkan rudal agar tepat sasaran, pemain harus menunggu target terkunci (divisualisasikan dengan segiempat warna merah). Pemain akan memperoleh achievement ketika berhasil menguasai suatu kemampuan di atas batas rata-rata.

Pada setiap permainan akan ada peningkatan level yang tercatat, baik itu bermain melalui mode campaign(adventure, single mission, single fight) atau versus. Di setiap peningkatan level akan ada pesawat atau senjata yang di-unlock sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemain. Pada misi campaign adventure, pemain harus menyelesaikan misi yang diinstruksikan di awal permainan. Peran pemain pada mulanya adalah pilot pemberontak dan di akhir misi campaign pemain menjadi pilot AU Amerika Serikat. Map yang disediakan merepresentasikan kondisi beberapa kota di dunia, seperti Washington DC, Tokyo, daerah Timur Tengah, Rio de Janeiro, dsb.

http://youtu.be/-sx5l9cScOA

Nilai edukasi yang dominan pada game ini adalah pengetahuan pesawat tempur dan perlengkapannya. Selain itu, unsur edukasi dalam mengajarkan keterampilan mengemudikan peawat juga diterapkan dalam game ini. Dilengkapi dengan audio dan grafik bagus, game ini cukup menghipnotis pemain hingga terbawa suasana di permainan. Namun ada beberapa kekurangan dari game ini, yaitu mode multiplayer hanya menyediakan jumlah pemain terbatas, tekstur daratan yang kasar, kecerdasan buatan pesawat pendamping yang tidak terlalu berpengaruh signifikan, dan kontrol semua pesawat relative sama. Namun kekurangan tersebut akan menguntungkan pemain agar mudah mempelajari game dan tidak memiliki aturan bermain yang merepotkan. Jadi, bersiap lepas landas dan menghancurkan musuh? Untuk informasi lengkap bisa dilihat di http://hawxgame.us.ubi.com.

http://youtu.be/rd9nNF-D7Dk

 

 

Agus Budi Raharjo

5112201905

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan