Trainz Simulator 2009 Review

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi

Trainz Simulator 2009 adalah sebuah game simulasi yang diproduksi oleh Auran Games. Game ini menawarkan sebuah permainan yang menyenangkan bagi para penggemar kereta api pada khususnya. Dimana terdapat tiga mode permainan yang dapat dicoba oleh para pemain. Mode “Drive” yang mana kita dapat mensimulasikan secara nyata kereta api dan skenario permainan kereta api itu sendiri. Mode selanjutnya adalah “Railyard”, mode ini sebagai etalase virtual untuk menampilkan keseluruhan model kereta api. Mode ketiga adalah “Surveyor” dimana kita bisa sesuka hati membuat, mengubah peta permainan itu sendiri.

Mode Railyard  Mode Driver
Mode Surveyor3 Mode Permainan

Di dalam Mode Driver, kita bisa sesuka hati kita bermain entah itu menjadi seorang Masinis, seorang Pemimping Perjalanan Kereta Api, Pengatur lalu lintas kereta api, dsb. Semua itu juga bisa dilakukan secara bersama-sama. Ketika berperan sebagai masinis, kita bisa menjalankan kereta api dengan 2 mode, mode DCC, atau mode Cab. Mode Cab adalah kita menjalankan kereta api sesuai dengan kondisi kereta api dikehidupan nyata, dan ini lah yang paling menantang bagi saya. Sangat sesuai dengan kenyataan. Menjalankan kereta, memberhentikannya tepat di Stasiun tujuan di jalur benar dan aman adalah tantangan pada permainan ini. Jangan sampai kita salah menjalankan kereta yang dapat berakibat kecelakaan baik itu anjlok, maupun bertabrakan dengan kereta lain. Ketika berperan sebagai Pemimpin perjalanan kereta api, kita harus pandai-pandai mengatur arus lalu lintas kereta api, jangan sampai salah jalur, terjadi deadlock, maupun kereta tidak dapat menuju kota tujuan. Disini sangat dilatih juga keterampilan mengatur arus lalu lintas ini. Tidak hanya memainkan saja, kita juga bisa merancang sendiri peta jalur kereta api, dan juga model kereta apinya dengan membuat model kereta yang baru, dan dijadikan sebuah add-ons dalam permainan ini. Sehingga para developer lokal juga dapat berperan dalam mengembangkan Game ini dalam versi lokalnya.

Selanjutnya saya coba deskripsikan unsur-unsur realitas yang ada di dalam permainan Trainz Simulator 2009 ini adalah. akan saya jabarkan sebagaimana berikut.

Realitas Fakta:

– Kereta api yang ada didalam game ini merupakan kereta api yang ada di dunia nyata, bahkan kereta api yang ada di Indonesia pun juga bisa kita ciptakan dan mainkan disini.
– Semua Bentuk baik itu Lokomotif, Gerbong, Rambu-rambu kereta api, Stasiun, Gedung, dan kendaraan yang lain sangat mirip dengan kehidupan yang sebenarnya.
– Bentuk Peta permainan, nama lokasi, nama stasiun, dan nama kereta apinya pun disesuaikan dengan kondisi aslinya.
– Aturan, pedoman yang ada di dunia perkeretaapian disini benar-benar disesuaikan dengan aslinya.

Realitas Sebab Akibat:

– Kereta yang berjalan di jalur yang tidak benar dapat berakibat kecelakaan.
– Kereta yang melanggar batas kecepatan bisa saja anjlok atau keluar dari lintasan.
– Jika kereta berhenti di stasiun, para penumpang dapat terangkut, jika kereta tidak berhenti, maka penumpang akan terlantar distasiun.

Realitas Random Event

– Jumlah Penumpang di setiap stasiun berubah-ubah sesuai keadaan random yang terjadi.
– Cuaca yang terjadi

Realitas Ilmu Pengetahuan:

– Ketika menggunakan Cab Mode, semua pergerakan kereta api sangat sesuai dengan hukum fisika. mulai dari Akselerasinya, maksimum speed, brake, throttle, Reverser, Flow, Pipe, dll.
 Ketika menggunakan auto drive kereta secara otomatis akan berhenti ketika sinyal di jalur tersebut merah(stop).
– Semakin panjang rangkaian kereta api, maka kecepatan akselerasi kereta juga semakin lambat
– Pencahayaan dari matahari, bayang-bayang, lampu sinyal, dsb menyesuaikan hukum penyebaran cahaya.

Realitas Audio Visual:

– Suara Deru Mesin ketika dalam keadaan berhenti dan berjalan berbeda.
– Suara Klakson dari kereta.
– Suara dari kondisi Keramaian Stasiun.
– Suara ketika melewati perlintasan kereta api.
– Suara ketika kereta membuka dan menutup pintu gerbong.
– Suara melepas dan menggandeng rangkaian.
– Suara jalan raya.
– Suara aliran sungai.
– Suara Kondisi Bangunan yang ada
– dll

Secara Keseluruhan, simulasi ini benar-benar menggambarkan kondisi nyata. Sangat mirip dengan keadaan sesungguhnya. Artinya bahwa permainan ini menurut saya tidak sekedar permainan, sangat cocok buat para maniak Kereta api, atau bahkan para calon masinis untuk belajar mengemudikan kereta api.

Untuk dapat memainkan permainan ini, terdapat spesifikasi minimumnya. yaitu:

-Windows XP SP2
– Supporting Direct 9.0
– Ram 1 GB
– 2,55 GB harddisk space

Anda juga dapat menjadi pengembang dari permainan ini dengan menciptakan Add-ons sendiri untuk permainan ini dan dapat kita mainkan sendiri. ini Sungguh Sangat Menyenangkan.

Anda dapat melihat Game Playnya disini atau disini

Oleh:
Fahmi Hidayatullah, 5110100199
Fahmi Hidayatullah | Buat Lencana Anda

Author: 

3 Responses

  1. jonathan melvinJuli 5, 2014 at 1:14 AMReply

    good a game

  2. Rafi AndiDesember 4, 2015 at 9:13 PMReply

    Tanya nihh..
    Kalau mau ngerubah speed limit nya itu dmn. Dan gmn caranya

  3. ABDUL KARIM HERI NMei 24, 2019 at 12:19 PMReply

    Kalo buka tutup pintu??

Tinggalkan Balasan