Review Haunt : The Real Slender Game

 Review Game Realitas Virtual

 

Haunt Cover

Apa Itu SlenderMan?
Saat ini semakin banyak game bermunculan, mulai dari game yang bergenre action, strategy, sports, simulasi, dan lain – lain. Namun ada juga game simulasi yang berbau “horor”. Diantaranya yang saat ini sedang naik daun adalah SlenderMan.

SlenderMan merupakan karakter fiksi seperti hantu dengan wujud seorang manusia dengan badan yang cukup tinggi namun tidak mempunyai wajah (muka rata). Banyak game yang mengangkat tema SlenderMan, dan salah satunya adalah Haunt : The Real Slender Game.

******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Sinopsis dan Gameplay

Haunt : The Real Slender Game mempunyai gameplay dan alur cerita yang cukup menarik.
Dikisahkan di Polandia, bahwa terdapat seseorang bernama Mark Slender yang hendak dibunuh oleh sekelompok peneliti dengan cara dibakar hidup – hidup. Namun nyatanya Mark Slender masih hidup namun seluruh wajahnya terbakar habis. Dan saat itulah sekelompok peneliti tersebut lenyap secara tiba – tiba.

Pada saat pertama kali masuk permainan, akan muncul sebuah pertanyaan di layar yang bertuliskan sebagai berikut :

haunt2

Setelah itu Pemain akan terbangun di hutan yang gelap. Dengan hanya berbekal senter, Pemain dapat berkeliling dan mengeksplorasi seluruh daerah yang ada. Pada langkah pertamanya, Pemain akan menemui sebuah mobil/truk dan terdapat sebuah map yang berisi dokumen penelitian (dari grup peneliti yang telah hilang di masa lampau) dan sebuah foto. Tujuan atau Goal dari permainan ini adalah mengumpulkan seluruh dokumen – dokumen dan foto – foto yang hilang. Apabila seluruh dokumen dan foto telah dikumpulkan, maka cerita Mark Slender akan terungkap. Namun Pemain harus berhati – hati dalam perjalanannya karena Pemain dapat tersesat di dalam hutan (namun di beberapa persimpangan hutan terdapat peta). Pemain juga tidak boleh sampai tertangkap oleh SlenderMan itu sendiri, karena kalau sampai tertangkap, permainan selesai.

******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Screenshot

Pertama

Gambar 1 : Tampilan awal Pemain ketika memasuki permainan

 

Gambar 2 : Dokumen dan Foto yang dikumpulkan Pemain akan disimpan dalam Map yang sedang dipegang Pemain

 

Gambar 3 : Pemain menemukan daerah – daerah yang baru yang dapat membuat bulu kuduk berdiri

******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Unsur – unsur realitas

A. Realitas Fakta :

  • Pemain dapat berjalan dan berlari untuk berpindah tempat, sama halnya seperti berjalan di dunia nyata.
  • Pemain dapat menggunakan senter yang sama seperti di dunia nyata.
  • Terdapat setting hutan, rumah, pabrik, yang persis seperti di dunia nyata.
  • Penggambaran suasana daerah yang mencekam persis seperti di daerah – daerah sepi yang ada di dunia nyata.

B. Realitas Proses / Sebab Akibat :

  • Tanpa senter, pandangan yang dilihat Pemain akan gelap, lain halnya jika senter digunakan, pandangan Pemain akan terang.
  • Apabila Pemain terlalu lama berlari, pandangan Pemain akan semakin goyang – goyang (tidak fokus) dan kecepatan berlari akan semakin turun.
  • Jika Pemain jatuh dari tempat yang sangat tinggi, Pemain akan mati.
  • Jika senter menyala terus dan Pemain tidak mempunyai baterai untuk senter, senter akan mati.

C. Realitas Random Event :

  • Karakter Slender Man dapat muncul di mana saja dan tidak dapat diprediksi.

D. Realitas Audio / Visual :

  • Audio dan Visual merupakan hal yang membuat permainan ini terasa nyata.

D1. Audio :

    • Terdapat suara jeritan wanita di tengah hutan yang membuat bulu kudu berdiri.
    • Menyalakan / mematikan senter juga mengeluarkan bunyi (ctek ctek).
    • Suara nafas Pemain terdengar jelas pada saat berlari (ngos-ngosan).
    • Membuka dan menutup pintu pun juga menghasilkan suara (krieek krieek).
    • Adanya suara hembusan angin.

D2. Visual :

    • Penggambaran dunia yang bagus dan pencahayaan yang cocok, pada malam hari pencahayaan sangat minim, pencahayaan dengan senter menjadi terang. Jarak pandang berkurang apabila terdapat kabut.

******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Trailer Game & Demo

Trailer Game :
http://vimeo.com/53323690

Demo Play :
http://youtu.be/QVDoZFYxZ8g
******************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************************
Penulis :Muhammad Agil Mahbuby
NRP : 5110100191

M Agil Mahbuby

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan