Sniper Elite V2 adalah game ber-genre tactical third person shooter yang dikembangkan oleh Rebellion Developments dan diterbitkan oleh 505 Games. Game ini merupakan remake dari game pendahulunya yaitu Sniper Elite. Game ini berlatar belakang perang dunia ke-2 pada sekitar tahun 1945 di Jerman.
Dalam game ini Anda akan berperan sebagai karakter utama yang bernama Karl Fairburne, seorang anggota pasukan elite Amerika yang ditugaskan mencegah peluncuran roket V2 oleh pihak Jerman ke London. Menyamar sebagai bagian dari pasukan elite Jerman, Anda mendapatkan satu misi utama dari negara Anda (Amerika Serikat), yakni mendapatkan teknologi perang Jerman yang memang terhitung paling maju saat itu.
Tidak hanya mendapatkan salinan teknologi yang ada, Anda juga diperkenankan untuk menangkap atau membunuh para ilmuwan yang bekerja di balik layar pengembangan senjata-senjata ini. Selain itu Anda juga akan berhadapan dengan pasukan Nazi, Anda juga harus menyerang diam-diam pasukan Russia yang juga berbagi kepentingan yang sama, yaitu keinginan untuk menguasai teknologi Jerman. Masuk dan menginfiltrasi daerah musuh tentu bukan pekerjaan yang mudah karena Anda harus berhadapan dengan segudang pasukan.
Fitur unggulan dalam game ini adalah fitur X-Ray Kill Cam, yang mana fitur tersebut akan aktif ketika Anda melancarkan tembakan yang sangat berskill. Gerakan dan jalur peluru yang keluar dari sniper rifle akan melambat/slow motion sebelum mengenai sasaran. Setelah peluru mengenai target, maka anatomi dari bagian tubuh target itu akan menunjukkan detil yang sangat jelas, seperti tulang tengkorak hingga darah yang berceceran.
Gameplay:
Dalam game ini terdapat 3 mode yang dapat dimainkan, single player, 2-player co-op dan multiplayer network play. Pada mode single player, permainan akan sesuai alur cerita yang telah dibuat. Pemain harus menyelesaikan misi-misi tertentu, beberapa diantaranya adalah membunuh tokoh-tokoh penting seperti para jenderal dan ilmuan, selain itu juga mencuri dokumen-dokumen penting. Pada mode 2-player co-op, 2 orang pemain akan bekerja sama untuk menyelesaikan misi-misi tertentu. Sedangkan pada mode multiplayer network play, para pemain akan bekerja sama dalam tim untuk melawan tim lainnya.
Game ini membutuhkan cara kreatif pemainnya dalam menyelesaikan setiap levelnya. Pemain akan bebas kemanapun dia pergi namun dengan ancaman musuh berkeliaran dimana-mana. Setting tempat ditambah dengan animasi dan audio visual yang bagus membuat permainan ini semakin terlihat nyata.
Unsur – unsur realitas:
Realitas Fakta:
- Karakter yang dimainkan merupakan pasukan khusus yang ada dalam dunia nyata, American Office of Strategic Services.
- Nama tempat – tempat disesuaikan dengan tempat sebenarnya.
- Senjata – senjata yang digunakan terdapat dalam dunia nyata.
- Setiap senjata mengelurkan peluru dengan gaya gravitasi yang berbeda-beda.
- Gerakan tubuh pemain ketika menembak, berlari, berjalan, tiarap disesuaikan dengan aslinya.
Realitas Proses / Sebab Akibat:
- Jika pemain terlihat musuh, maka musuh akan menembaki pemain, ada beberapa yang bersembunyi terlebih dahulu.
- Jika pemain atau musuh tertembak maka akan berdarah.
- Jika pemain terlihat musuh maka suara detak jantung dan nafas akan terdengar lebih cepat.
Realitas Random Event:
- Pergerakan musuh dari arah-arah tertentu.
Realitas Hukum Fisika:
- Efek gravitasi, ketika melompat dari ketinggian agak tinggi maka akan terluka.
- Efek gerak peluru, ketika senjata yang digunakan adalah sniper maka gerak peluru akan terlihat jelas, termasuk perputarannya dan perubahan gerak jika menabrak dan menembus target tertentu.
- Efek momentum, ketika menembak dengan senjata tertentu, pemain akan terdorong ke belakang, setiap senjata memiliki efek momentum yang berbeda – beda.
Realitas Audio Visual
- Terdapat debu dan sampah yang berterbangan.
- Suara senjata berbeda – beda tergantung pada senjata yang digunakan.
- Suara nafas dan detak jantung pemain terdengar riil.
- Cahaya matahari yang terlihat riil, terlebih ketika cahaya tersebut mengenai debu yang berterbangan.
- Ketika peluru mengenai target, maka akan terlihat peluru tersebut mengenai anatomi tubuh dan akan terlihat jelas bagaimana peluru tersebut menembusnya sehingga darahpun berceceran.
- Suara teriakan musuh ketika tertembak.
Video
Agus Nugroho
Create Your Badge
No Responses