Review Game Plant Tycoon

 Review Game Realitas Virtual

PLANT TYCOON v1.0

Plant Tycoon merupakan salah satu game simulasi sederhana mengenai perkebunan. Pengguna diperkenalkan terhadap banyak hal dalam berkebun, dimulai dari menanam benih tanaman hingga menjualnya jika sudah berbunga dan berbenih. Di dalam proses pembenihan dapat juga dilakukan pembenihan silang yang dapat melahirkan spesies tanaman baru. Target utama dari permainan ini adalah adalah menemukan enam jenis tanaman ajaib yang ada di dalam perkebunan dengan cara pembenihan silang tersebut.

Permainan ini juga sudah menggunakan waktu di dunia nyata di dalam prosesnya sehingga ketika pengguna meninggalkan komputer, maka permainan akan tetap berjalan. Tanaman akan tumbuh dengan sendirinya atau bahkan mati karena pengguna lengah untuk mengawasi permainan ini.

gbr1

Gambar 1. Menu utama game Plant Tycoon

Pengguna memulai permainan ini dengan meletakkan tanah ke atas pot terlebih dahulu, kemudian menyiramnya dengan air agar tanah menjadi sedikit gembur dan meletakkan benih tanaman yang akan dirawat. Pengguna dapat memonitor perkembangan masing – masing tanaman, antara lain kadar air tanaman, kondisi kesehatan tanaman, dan waktu yang dibutuhkan untuk berbunga dan berbenih.

gbr2

Gambar 2. Scene Utama pada game Plant Tycoon

Jikalau tanaman sudah berbunga dan berbenih, maka benih yang telah dihasilkan oleh tanaman dapat disimpan ke dalam kotak khusus penyimpan benih untuk dijual ataupun ditanam lagi agar mampu menghasilkan lebih banyak benih tanaman yang baru.

Pengguna juga mampu memperbarui alat-alat perkebunan yang ada cara membelinya. Alat-alat perkebunan yang tersedia terbagi ke dalam beberapa kategori, antara lain alat perkebunan untuk merawat tanaman, alat untuk menghias perkebunan, obat-obatan untuk kesehatan tanaman.

Di dalam area perkebunan, pengguna juga akan menemui berbagai jenis serangga yang nantinya dapat dikoleksi. Serangga yang dapat ditemukan antara lain kupu-kupu, kumbang, capung, dan sebagainya. Jumlah keseluruhan dari serangga yang ada adalah 48 serangga. Pengguna dapat menjual tanaman yang sudah berbuah dan berbenih kepada penduduk di sekitar.

Klik di sini untuk melihat video trailer dari game ini.

Aspek realitas yang terdapat pada permainan ini antara lain:

1. Realitas fakta

  • Nama tanaman yang sebagian besar ada di dunia nyata.
  • Nama serangga yang sebagian besar ada di dunia nyata.
  • Nama peralatan yang sebagian besar ada di dunia nyata.

 

2. Realitas sebab akibat / proses

  • Benih tanaman hanya dapat ditanam apabila tanah yang ada pada pot sudah disiram terlebih dahulu (gembur).
  • Tanaman yang tidak diberi pestisida akan akan terinfeksi oleh hama/serangga.
  • Apabila tanaman tidak dirawat, maka tanaman menjadi layu bahkan mati.
  • Proses berkebun yang ada, dimulai dari proses pemilihan tanah, pengairan, penanaman benih tanaman, pemeliharaan tanaman agar terhindar dari serangga dengan pestisida, merawat tanaman yang daunnya sudah panjang dengan memotongnya, memetik buahnya hingga melakukan pembenihan silang tanaman.
  • Siklus hidup tanaman, dimulai dari benih tanaman, tanaman yang masih bunganya masih kuncup, sampai dengan menjadi tanaman yang telah berbunga dan berbuah.
  • Proses jual beli yang ada pada perkebunan, pengguna dapat membeli peralatan yang digunakan untuk merawat seperti halnya obat anti serangga (pestisida), vitamin untuk menggemburkan tanaman, obat untuk mengobati tanaman yang terkena hama, dan sebagainya. Pengguna juga dapat menjual bunga yang telah berbunga dan berbuah.

 

3. Realitas kejadian acak / random

  • Waktu dan jumlah hama/serangga yang datang ke perkebunan
  • Waktu dan jumlah penduduk yang datang ke perkebunan
  • Jenis tanaman yang laku terjual

 

4. Realitas audio visual

  • Suara kicau burung pagi hari
  • Suara serangga yang datang ke perkebunan
  • Bentuk objek yang sesuai dengan aslinya (tanaman, bunga, buah, serangga, area perkebunan)

 

Ditulis oleh  Zahroh Nishful Lailiyah
Zahroh Nishful Lailiyah

Create your badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan