Review Game L.A. Noire

 Review Game Realitas Virtual
L.A. Noire Cover

Cover PC Game L.A. Noire

L.A. Noire merupakan sebuah game yang ber-genre Third Person. Game ini menceritakan seorang agen detektif bernama Cole Phelps yang bekerja di kepolisian Los Angeles (LAPD) dengan setting waktu saat masa keemasan Hollywood sekitar tahun 40-an setelah perang dunia berakhir.

Game besutan Rockstar Games ini mengusung tema sandbox seperti game-game Rockstar pada umumnya seperti Grand Theft Auto (GTA) atau Bully. Bedanya dengan GTA atau Bully yang karakter utamanya adalah tokoh berandalan, pada L.A. Noire pemain tidak dapat dengan leluasa beraksi sesuka hati karena pada game ini pemain bertindak sebagai polisi yang harus taat aturan sehingga setiap pelanggaran (semisal merusak properti kota atau membunuh orang sipil yang “legal” saja dilakukan di GTA) akan mendapatkan penalti di akhir misi.

Tema yang diusung Rockstar kali ini terbilang unik karena jarang ada game bertemakan detektif yang sangat serius digarap oleh developernya. Pembuatannya pun tidak main-main karena ERSB memberikan rating dewasa untuk game ini. Pasalnya di dalamn game ini terdapat banyak sekali unsur yang tidak layak untuk dipertontonkan pada game yang masih belum cukup umur semisal mayat, darah, kekerasan, adegan perselingkuhan, intrik tipu daya, bahkan ada sebuah kasus pembunuhan seorang wanita yang tubuhnya ketika ditemukan oleh saksi berada dalam kondisi telanjang bulat dan seolah-olah mayatnya dikoyak-koyak oleh manusia serigala, fantastis!

Gameplay :

Ada beberapa mode yang ada dalam permainan ini antara lain sandbox, investigasi, dan interogasi.

L.A. Noire Sandbox

Mode Sandbox

Mode permainan bertipe sandbox atau dengan kata lain pemain dapat menjelajahi seluruh kota Los Angeles dengan menggunakan mobil atau berjalan kaki. Dalam game ini level game disajikan dalam bentuk potongan kasus yang ditampilkan layaknya sebuah film bioskop. Pemain sendiri akan mengendalikan sebuah karakter benama Cole Phelps yang masih junior dalam kepolisian sipil dan mula-mula akan ditempatkan di bagian lalu lintas sehingga untuk beberapa level awal tidak ada mayat atau pembunuhan (kecuali adegan tembak-menembak dengan pihak kriminal atau kejar-kejaran dengan mobil). Seiring berjalannya waktu maka Cole Phelps akan mendapatkan kenaikan jabatan dan jalan cerita akan menjadi semakin berbobot serta kasus yang dihadapipun akan semakin rumit.

 

L.A. Noire Investigasi

Mode Investigasi

Yang menarik adalah mode investigasi. Ketika sebuah kasus terjadi, maka pemain dipersilahkan untuk melakukan olah TKP, mengidentifikasi tubuh korban, dan mencari petunjuk sebanyak-banyaknya. Ketika Cole memegang sebuah barang, maka pemain dapat memutar-mutar barang tersebut dari berbagai sudut pandang (barang tetap berada di tangan Cole) untuk mencari sesuatu semisal tulisan tersembunyi atau petunjuk lainnya. Dalam mode ini pemain juga mungkin saja dihadapkan dengan puzzle-puzzle menarik semisal menyusun potongan-potongan petunjuk yang nantinya akan menjadi sebuah petunjuk utama dalam memecahkan kasus tersebut.

 

L.A. Noire Interogasi

Mode Interogasi

Bukan polisi namanya kalau tidak melakukan interogasi. Bermain-main dengan psikologis, seberapa hebat pemain memprediksi gestur wajah, gerakan kecil, kerling mata, ekspresi saksi mata, intonasi suara, dan posisi tubuh. Semua ini disajikan secara luar biasa oleh Rockstar dalam game ini. Pemain dalam mode interogasi akan menanyai seorang saksi mata mengenai petunjuk-petunjuk yang didapatkannya di TKP. Saksi mata bisa saja berbohong untuk menutupi sesuatu, tugas pemain adalah menebaknya apakah saksi berbohong atau berkata jujur. Untuk fitur yang satu ini konon katanya Rockstar sampai membuat sebuah sistem kamera 32 sudut yang disorot ke wajah aktor pemain yang memerankan saksi mata sehingga ekspresi wajah dalam game benar-benar mendekati nyata, brilian!

Unsur-unsur realitas

Realitas Fakta :
– Setting waktu yang ada dan lingkungannya benar-benar adalah Los Angeles pada tahun 40 an termasuk mobil, fashion, dan gaya bangunannya.
– Senjata yang digunakan benar-benar terdapat di dunia nyata.

Realitas Proses / Sebab akibat :
– Jika pemain tertembak maka akan terluka.
– Jika lawan tertembak di kepala, maka akan langsung terbunuh.
– Jika pemain terpukul maka akan terdorong mundur

Realitas Random Event :
– Lawan bergerak secara dinamis dan menyesuaikan tokoh pemain

Realitas Hukum Fisika :
– Mobil apabila menabrak akan penyok di sana-sini.
– Jika pemain terjatuh dari tempat tinggi maka akan mati.

Realitas Audio Visual :
– Saksi yang berbohong akan menunjukkan mimik muka atau pergerakan yang mencurigakan.
– Suara-suara baik mobil, senjata, maupun benda lainnya benar-benar sesuatu kenyataan.
– Pencahayaan yang mendekati nyata termasuk pantulan dari cat mobil atau dari cermin.

Trailer Game Video L.A. Noire

Trailer Gameplay L.A. Noire

Review Oleh :

Adam Gegi Yowanda

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan