WORD RUFFLE – Game Asah Otak Dengan Kata

 Review Game Edukasi

PENJELASAN SINGKAT GAME

Kali ini saya akan membahas tentang game yang sudah ada di gameedukasi.com, yaitu Word Ruffle. Word Ruffle ini adalah permainan menemukan kata sebanyak banyaknya dari susunan beberapa huruf. Semakin banyak kata yang ditemukan, semakin tinggi pula nilai pemain, dan semakin terbuka kesempatan untuk naik ke level berikutnya. Semakin tinggi level, semakin sedikit pula waktu yang diberikan untuk menemukan huruf huruf tersebut.

Sounds De Javu? Ya, bagi pecinta permainan kata, game ini adalah adaptasi dari Hangman, yaitu menemukan huruf tertentu. Dan “Ruffle” juga merupakan ‘plesetan’ dari kata “Shuffle” yang artinya mengocok/merubah rubah. Permainan ini sangatlah mudah dimainkan, dan tentunya nilai edukasi yang diharapkan banyak juga terpenuhi.

GAMEPLAY

 

Game Dimulai

 

Diperlihatkan di atas adalah tampilan Word Ruffle ketika tombol Start ditekan. Kini pemain harus menemukan kata dari 6 huruf yang tersedia. Jumlah huruf yang dapat ditemukan adalah sebanyak kotak yang masih kosong di atas.

 

Gameplay

Ada 1 huruf yang ditemukan. Player harus dapat menemukan sebanyak mungkin sampai akhirnya bisa melanjutkan ke level berikutnya. Klik Ruffle untuk mengacak 6 huruf di atas agar menjadi sesuatu kata atau menginspirasi.

Game Berakhir

Gambar 4 Game Berakhir

 

Layar di atas akan muncul ketika game berakhir. Apakah pemain bisa melanjutkan ke level selanjutnya atau tidak ada pada layar di atas.

 

PROS & CONS

Kelebihan dari game ini adalah menguji banyaknya kosakata bahasa inggris yang dimiliki. Sekalipun gagal, jawaban tetap akan diberikan sehingga pemain tetap bisa menambah perbendaharaan kata yang dimiliknya.

 

Kekurangan dari game ini adalah tampilannya yang terlalu plain. Terlalu biasa sehingga bagi orang yang tidak terlalu tertarik permainan asah otak akan terlihat membosankan.

 

NILAI EDUKASI

Nilai Edukasi yang ada cukup untuk bisa diterapkan bagi para penggunanya. Menambah perbendaharaan kata dengan cepat adalah salah satu nilai edukasi yang didapat.

 

 

Wahyu Tri Prasetyo – 5109100152

Pembuatan Game kelas A

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan