Learning ABC With Bobby Ball

 Uncategorized

Pengulas: Christian Candrabiantara – Pemrograman Game (A) 2012

Berikut ini adalah game edukasi yang memiliki nilai edukasi dan unsur hiburan yang tinggi. Game itu ialah “Learning ABC With Bobby Ball”. Learning ABC With Bobby Ball merupakan sebuah game edukasi yang bisa membantu anak-anak untuk belajar mengenal berbagai huruf, melatih daya ingat mereka serta untuk latihan menulis. Saya sangat menyarankan game ini, bagi orang tua yang memiliki anak kecil agar kemampuan berpikir mereka dapat dirangsang dengan baik melalui game ini.

Sebelumnya kita lihat dulu video trailer dari game ini:
Click Here

Berikut ini detail review game ini:

Bobby sang bola akan membantu kamu untuk belajar mengenal huruf. Game ini untuk anak berusia 2-4 tahun sebelum mereka masuk kebangku sekolah. Terbagi menjadi 3 sesi yang berbeda, Reading (membaca), Memory (game untuk mengingat), dan Writing (belajar menulis).

sdfsg

 

Reading

Anda akan diajarkan bagaimana mengeja sebuah huruf dalam bahasa inggris. Semua konten yang dibuat disini berbahasa inggris, alasannya agar games ini juga bisa dinikmati oleh orang-orang di luar indonesia, selain itu mungkin juga standar sekarang yang sudah tinggi yang mewajibkan setiap anak bisa berhasa inggris dengan fasih. Reading pun dibagai lagi dalam 2 jenis games, Reading sendiri dan Listening.

Reading, akan disediakan sederet huruf dari A-Z yang bila kamu tap pada satu huruf, maka akan keluar sebuah benda yang menggambarkan huruf tersebut dan kamu bisa menirukannya untuk mulai belajar membaca. Contohnya, bila saya tap di A pada tengah layar akan keluar A for Apple, kamu tinggal tirukan saja bagaimana pelafalan dari huruf ini.

Sementara itu Listening, hampir mirip seperti Reading tetapi dalam mode yang terbalik. Bobby Ball akan menyebutkan terlebih dahulu sebuah huruf dan kamu harus mendengarkannya baik-baik. Setelah mengetahui huruf yang dimaksud, kamu tinggal tap saja huruf tersebut dan kembali di tengah layar akan muncul sebuah benda yang menggambarkan huruf tersebut.

gdfg

Memory

Anda akan disediakan sederet kartu yang tertutup, tugas kamu adalah mengingat huruf apa yang ada pada kartu tersebut dan mencocokkannya dengan kartu yang lainnya. Kamu akan diberikan 8 kali kesempatan kalah dalam permainan 12 kartu dan 12 kali pada 20 kartu karena 20 kartu memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk mengingat. Bila kesempatan yang diberikan sudah habis, kamu bisa mengulangnya dari awal.

Writing

Sama seperti yang disini juga akan dibagi 2 sesi, Lowercase dan Capital. Saya rasanya tidak perlu lagi menjelaskan apa beda lowercase dan capital, tetapi mekanisme permainannya adalah akan diberikan sebuah buku yang sedang terbuka, pada lembar kiri adalah tempatmu untuk menulis, sementara yang kanan akan diberikan sebuah gambar. Kamu harus menirukan gerakan menulis yang diberikan, bila tulisan kamu benar maka gambar disebelah kanan akan berwarna. Hanya ada 3 kali kesempatan untuk menulis salah pada mode ini.
gdfg

Untuk urusan grafis, Maximize memberikan visualisasi yang pernuh warna dengan tema yang ceria agar anak-anak menyukainya. Untuk kontrol, saya merasakan sedikit kurang responsif apalagi ketika pada mode Listening, dimana saya harus tap huruf yang berdempetan dan kadang harus tap berkali-kali. Selain itu yang agak janggal adalah layar pada game ini tidak full screen. Masih ada garis hitam di kanan kiri yang mengurangi keleluasaan bermain ketika saya mencobanya di iPhone, namun untuk iPad sepertinya tidak akan terlalu berpengaruh banyak. Satu lagi, pada saat memulai game dengan posisi device Potrait, waktu masuk ke home screen pada game, gambar terlihat tidak proposional seakan-akan seharusnya layar tersebut untuk posisi landscape saja.

Jadi akhir kata, saya memberi rating 5/5 karena nilai edukasi, desain, dan entertainment yang terdapat pada game ini dapat memberikan pelajaran yang menyenangkan untuk anak Anda.

Pengulas: Christian Candrabiantara – Pemrograman Game(A)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan