Food Force: Game Edukasi Program Pangan Dunia

 Kepedulian Sosial, Review Game Edukasi, Simulasi

Food Force adalah permainan edukasi yang dikembangkan oleh World Food Programme (WFP) atau Program Pangan Dunia dari United Nations (alias PBB) di tahun 2005. Tema dari permainan ini adalah mendidik anak/pemain tentang proses penyaluran pangan di negara yang terkena kelaparan atau bencana lainnya sehingga negara tersebut bisa bangkit kembali.

Setting game terletak pada pulau fiktif bernama Sheylan di Samudera Hindia yang terkena bencana kekeringan dan perang. Pemain berperan sebagai pemula dalam tim PBB yang terdiri dari nutrisionist, petugas logistik, pilot, petugas mediator, dan perusahaan makanan.

Banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi pemain untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya harus menggunakan helikopter untuk pengintaian, penurunan amunisi, dan logistik lainnya ke kamp-kamp pengungsian.

Tantangan-tantangan tersebut dibagi dalam 6 misi, yaitu:
1. Misi pengintaian lokasi
2. Misi merancang nutrisi dalam bahan pangan
3. Misi mendistribusikan bahan pangan lewat udara
4. Misi mendistribusikan bahan pangan lewat darat
5. Misi menjaring bantuan dari luar negri untuk 6 bulan
6. Misi merencanakan pembangunan untuk 10 tahun

Selain misi utama tersebut, kadang-kadang pemain harus mengatasi misi-misi kecil terlebih dahulu yang terkadang menjadi kendala di saat proses penyaluran bantuan. Misi-misi ini bertujuan untuk memahami kondisi nyata proses penyaluran bantuan yang ada di lapangan.

Misalnya kadang pemain perlu melakukan negosiasi dengan kelompok pemberontak, perlu membersihkan medan penyaluran dari granat, dan perlu memperbaiki sarana berupa jembatan yang roboh. Hal ini cukup mendeskripsikan bagaimana sulitnya pekerjaan WFP.

Setelah menyelesaikan tiap misi, pemain juga mendapatkan informasi berupa video asli pelaksanaan bantuan pada negara-negara di dunia dan pemain mendapat penjelasan mengenai bagaimana WPF bekerja pada misi tersebut.

Nilai edukasi:

  • Pemain mendapatkan gambaran bekerja pada bidang penyaluran pangan pada daerah yang membutuhkan
  • Pemain akan belajar proses kerja dan tugas WPF, belajar mengenai isu kelaparan dunia, dan belajar cara mengatasinya.
  • Food Force membantu untuk menumbuhkan kepedulian dan kepekaan sosial pada anak-anak maupun pemain lainnya.

Penilaian:

Dengan tema kemanusiaan ini, maka Food Force merupakan game edukasi yang unik dan jarang ditemui diantara game-game sekarang yang lebih menekankan kepuasan permainan namun tidak aplikatif di dunia nyata. Permainan ini direkomendasikan untuk mendidik anak/pemain tentang isu kelaparan dunia.

Satu-satunya kelemahan dari game ini adalah misi yang terlalu monoton dan ketersediaan game yang masih menggunakan Bahasa Inggris.

Link download dan video:

Link download | Gratis | Ukuran 250Mb
Link video trailer
Link video gameplay: (belum ada)

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan