Crayon Physics Deluxe

 Asah Otak, Fisika, Review Game Edukasi

Featured_Image_CPD

Crayon Physics Deluxe adalah sebuah game puzzle fisika 2 Dimensi, dimana kita dapat bereksperimen dengan apa yang kita gambar dan dengan ajaib akan berubah menjadi objek nyata. Kita dapat menyelesaikan puzzle yang ada dengan se-kreatif serta se-artistik mungkin menggunakan objek dan hukum fisika.

Game yang ber-genre video puzzle game ini dapat dimainkan pada sistem operasi/platform : Windows, iOS, Mac OS X, Linux dan Android. Game ini sangat menekankan pada simulasi penerapan hukum fisika-nya secara dua dimensi.

Crayon Physics memiliki beberapa fitur antara lain :

  • Memliki fitur gravitasi, massa/berat, energi kinetis/energi gerak, dan daya perpindahan momentum.
  • Tersedia sampai 70 Level
  • Terdapat Level Editor yang mudah untuk digunakan
  • dan masih banyak lagi lainnya

Screenshot_level

Inti dari game ini pada tiap-tiap levelnya adalah menggiring sebuah bola pada suatu titik awal/start untuk dapat menyentuh setiap bintang yang ada pada tiap levelnya. Bola tersebut dan objek-objek disekitarnya dipengaruhi oleh gaya gravitasi. Pemain tidak dapat langsung menggerakkan bolanya, akan tetapi harus memicu pergerakannya dengan menggambar objek fisikal pada layar.

Screenshot_1

Tergantung pada objek yang digambar, entah itu akan menjadi benda dengan permukaan yang kaku, sebuah titik sumbu, sebuah roda atau seutas tali, objek-objek tersebut dapat berinteraksi dengan bola dengan cara memukul, menggiring, menyeret, membawa atau bahkan meluncurkannya. Pemain juga dapat menyentuh atau mendorong bola dengan menekan klik kiri dan oada level tertentu sebuah roket akan muncul yang nantinya dapat digunakan untuk menyelesaikan puzzle pada game ini.

Screenshot_2

Permainan ini menantang kita sebagai pemain untuk berpikir kreatif di tiap level puzzlenya, serta dia menyediakan reward tambahan untuk solusi yang elegan yang tentu saja tidak menerapkan cara “brutal”. Pada game ini terdapat lebih dari 70 level, dan tersedia fitur level editor serta dapat dimainkan secara Online, dimana kita dapat mengunggah dan mengunduh level custom.

Screenshot_3

Selain itu kita akan dimanjakan dengan gambar grafis permainan yang menyerupai coretan crayon asli, serta di tiap levelnya akan diiringi musik klasik yang indah sehingga membangkitkan imajinasi pemain.

Nilai edukasi dari game Crayon Physics Deluxe :

  • Pemain dapat mempelajari serta bereksperimen dengan hukum fisika yang didukung objek-objek serta gambaran ciptaannya sendiri
  • Pemain dapat belajar menerapkan hukum-hukum fisika seperti pada dunia nyata, dengan cara yang sangat menyenangkan
  • Permainan dapat meningkatkan daya imajinasi, dan kreativitas dari pemain

Play Demo :

Official Trailer :

Reviewer :
Erfan Ahmadiyono | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan