Simulasi Perpustakaan ITS

 Review Game Edukasi, Review Game Realitas Virtual

Sekilas Sejarah :

Perpustakaan ITS bermula dari Perpustakaan Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) 10 Nopember, yang didirikan pada tahun 1959 dan berlokasi di Jl. Embong Ploso 12 Surabaya. Koleksi perpustakaan saat itu, diperoleh dari sumbangan: (1) penasehat YPTT Prof A.G. Pringgodigdo; (2) seorang Professor wanita dari Amerika Serikat; (3) sumbangan dari United State Operation Mission (USOM); dan (4) sumbangan dari PT Sheel.

perpustakaanits1

Pada awal berdiri, jumlah pegawainya baru 2 (dua) orang.

Tahun 1960 Perpustakaan ITS diresmikan bersamaan dengan diresmikannya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Pada saat itu jumlah pegawai bertambah menjadi 5 orang yang terdiri dari 3 orang wanita dan 2 orang pria. Kemudian, pada tahun 1966 Perpustakaan ITS pindah ke Jalan Baliwerti 119-121 Surabaya, dan menempati ruang seluas 220 m2. Jumlah pegawai menjadi 8 orang yang terdiri dari 4 wanita dan 4 pria.

Tahun 1967, Perpustakaan mendapat tambahan seorang pegawai baru lulusan Akademi Perpustakaan sehingga pengawainya menjadi 9 orang. Pada tahun 1975 Perpustakaan ITS pindah ke jalan Cokroaminoto 12a Surabaya, dan menempati ruang seluas 300 m2. Pada tahun 1982 Perpustakaan ITS pindah ke Kampus ITS Sukolilo dan menempati gedung 2 (dua) lantai depan Pusat Komputer ITS, dengan luas ruang 1707 m2. Pada tahun 1995 tepatnya bulan Maret, Perpustakaan ITS pindah menempati gedung 6 lantai seluas 9000 m2 disamping kiri gedung Rektorat. Namun yang ditempati baru 5 (lima) lantai, dengan luas 7500 m2.

Sekilas game

Game ini merupakan sebuah simulasi mengenai Perpustakaan ITS , yaitu sebuah Perpustakaan terbesar dan termegah yang ada di ITS. Game ini dibuat dengan menggunakan Unreal Development Kit (UDK).

 

Cara bermain

Untuk memainkan game ini cukup sederhana. Pemain cukup menggunakan tombol WASD pada papan ketik untuk bergerak dari ke atas, ke kiri, ke bawah, atau ke kanan. Pemain juga bisa menekan tombol spasi untuk melompat. Pemain juga bisa merubah pandangan kamera layaknya permainan berjenis First Person Shooter (FPS) pada umumnya.

Berikut adalah unsur realita virtual yang ada pada simulasi kami :

Realitas Fakta:
-Ruang Bangunan dan bentuk yang ada dalam simulasi sudah dibuat semirip mungkin dengan bluepprint perpustkaan ITS.
-Terdapat beberapa furniture yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya

Realitas Visualisasi:
-Terdapat beberapa furniture yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya

Realitas Fisika:
-Dalam Simulasi ini terdapat First Person Karakter yang dapat berjalan, melompat, dan mengitari Perpustakaan sesuai dengan tempat yang diinginkan.
-Terdapat pencahayaan dari Lampu.

Sekian review dari kami jika ada kekurangan kami mohon maaf.

Wasslamulaikum Wr. Wb

 

Realitas Virtual B

5110100061 – Firman Insan Muhammad
5110100157 – Mochamad Yasin
5110100210 – Syahrul Munif

 

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan