Simulasi Masjid Manarul Ilmi

 Review Game Realitas Virtual, Simulasi

Artikel kali ini akan mengulas simulasi virtual Masjid Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Masjid ini menjadi masjid satu-satunya dalam wilayah kampus ITS dan terletak di depan gedung Rektorat ITS. Masjid ini juga dikenal di kalangan warga ITS dengan sebutan MMI (Masjid Manarul Ilmi).

Deskripsi fisik
Masjid ini berbentuk persegi panjang dengan dua lantai. Lantai pertama merupakan area ikhwan (laki-laki) sedangkan lantai kedua merupakan area akhwat (wanita) yang lebarnya kurang dari separuh dari lantai pertama.

Sebelum memasuki lantai utama, terdapat tangga-tangga dan pilar-pilar yang membentuk area yang cukup luas di sekitar ruang utama. Banyak warga masjid yang menggunakan area ini untuk beristirahat dan berkumpul untuk berdiskusi karena suasana yang sejuk dan tenang.

Di belakang masjid ini terdapat beberapa ruang lagi di lantai pertama maupun kedua yang biasa dipakai oleh mahasiswa anggota Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS untuk rapat maupun acara lainnya.

Di ruang utama masjid itu sendiri terdapat mimbar dan beberapa perabot seperti speaker, kipas, dan lampu gantung di tengah-tengah ruangan. Ruang ini sebagian besar dikelilingi oleh pintu kaca sehingga pencahayaan dan ventilasi sangat memadai.

Simulasi MMI
Simulasi ini dilakukan dengan Unity game engine dan model benda-bendanya dibuat dengan Google Sketchup 8. Beberapa objek kompleks seperti kipas dan lampu di-download dari Google Sketchup 3DWarehouse. Berikut ini adalah  bebearapa screenshot simulasi kami.

 

Nilai Edukasi
Dengan adanya pemodelan ini kita bisa mengetahui bentuk fisik dari MMI dan menjelajahi ruangnya lewat komputer.

Nilai Realitas Virtual
Simulasi ini juga memiliki nilai-nilai realitas virtual, diantaranya:

Realitas fakta
Bentuk simulasi ini sebisa mungkin menyerupai bentuk MMI secara nyata. Jumlah pilar, jumlah pintu, tekstur, letak benda dan detail lainnya dibuat semirip mungkin dengan kondisi MMI sebenarnya.

Realitas fisika
Pohon dan rerumputan yang berada di sekitar masjid bisa bergerak karena ada angin di sekitarnya.
Lampu membentuk bayangan berdasarkan intensitas tiap lampu yang berbeda-beda

Demikianlah review simulasi MMI oleh mahasiswa teknik informatika ITS Surabaya.

Download

Trailer di link ini.

Developer:
Siska Arifiani                5109100114
Vika Fitratunnany I    5109100133
Annisa U Istigostah    5109100201

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan