Review Game Kodok Bernyanyi

 Asah Otak, Review Game Edukasi

Solmisasi adalah bahasa musik peninggalan pemerintah kolonial Belanda untuk bangsa Indonesia. Sampai saat ini, bahasa ini hanya dipahami di Indonesia. Menerjemahkan notasi balok ke bentuk notasi angka, kemudian dilafalkan do-re-mi-fa-sol-la-si-do (solmsasi).

Berdasarkan jejak sejarah, cara ini ternyata digunakan oleh pemerintah kolonial agar bangsa Indonesia tidak bisa membaca budaya musik bangsa barat yang semuanya ditulis dalam simbol musikal notasi balok. Ironisnya cara ini masih sering dipakai sebagai metode formal pengajaran musik di sekolah-sekolah. Tak jarang masih banyak sekali guru-guru di sekolah masih tidak bisa membaca notasi balok.

Untuk bisa memainkan permainan ini, pemain dituntut untuk telah menguasai teori musik dasar seperti pengetahuan nada dasar, titi nada, garis paranada, garis bantu, tanda kunci treble (G) dan bass (F), durasi nada, dan tanda istirahat. Permainan ini terdiri atas empat level. Di setiap halaman permainan, terdapat simbol musikal yang tertulis pada papan petunjuk untuk dinyanyikan oleh kodok-kodok. Setiap kodok mewakili satu nada baik natural maupun kromatis. Kodok ini mengeluarkan suara-suara yang mewakili nada-nada tersebut. Pemain harus memerintahkan kodok mana yang diharuskan membaca (menyanyi) dari notasi yang disediakan.

Pada level satu sampai tiga, kodok-kodok ini diam di tempat sehingga mudah untuk diminta menyanyi. Setiap kenaikan level, waktu yang disediakan untuk menebak nada juga semakin kecil. Permainan berakhir ketika pemain tidak mampu memerintah kodok bernyanyi dalam waktu yang disediakan. Pemain diberi kesempatan tiga kali untuk membaca masing-masing simbol musikal. Jika kesempatan habis maka permainan berakhir. Di level empat, kodok-kodok ini akan melompat-lompat sehingga pemain harus menangkapnya dulu untuk diminta menyanyi.

Unsur edukasi:

  • Permainan ini cocok digunakan bagi pemula yang belajar membaca notasi balok.
  • Tampilan grafis permainan didesain menarik untuk anak-anak, sehingga diharapkan permainan ini dapat digunakan untuk kegiatan pengajaran musik pada anak-anak.

Permainan ini telah diujicoba oleh Paduan Suara Mahasiswa ITS dalam rangka membantu anggota-anggotanya belajar membaca notasi balok.

5106100137, Irwanto

Irwanto Laman

Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan