Si Bejo – Simulasi menanam cabai yang unik

 Review Game Realitas Virtual

 

Gambar 1. Tampilan awal Si Bejo

 

Deskripsi Umum

game Si bejo ini adalah game simulasi menanam cabai. Dalam game ini pemain berperan sebagai petani cabai. tujuan dari game ini adalah memperoleh keuntungan minimal sama dengan target yang ditentukan pada tiap tingkatan (dalam game disebut Season). Jika pemain mampu mencapai target, Season akan terbuka dan pemain bisa bertualang lebih jauh dalam game.

 

Cara bermain

 

Gambar 2. Tampilan pemilihan Season

 

Dalam game ini, diberikan tiga Season dimana masing-masing Season memiliki tantangan sendiri Di tiap season, pemain akan dihadapkan pada sebuah sawah dengan 25 petak yag bisa ditanami cabai . Pada bagian bawah layar game, disediakan berbagai tombol perintah yang bisa digunakan untuk  menanam atau merawat cabai. Pemain juga bisa membeli beberapa barang jika stok yang dimiliki sudah habis.

Untuk tiap Season, pemain diberikan waktu 100 hari untuk mendapatkan uang sesuai dengan target yang diberikan. Pemain bisa menggunakan tombol2 yang disediakan di bawah layar untuk memulai aktivitas. Tombol-tombol tersebut diantaranya :

  • Cangkul : Mencangkul tanah agar tanah bisa ditanami cabai
  • Tanam : Menanam cabai*
  • Air : Menyiram cabai*
  • Pupuk : Memupuk cabai*
  • Pestisida : Menyemprotkan pestisida ke cabai*
  • Petik : Memetik cabai jika sudah berbuah, cabai yang dipetik akan langsung memberikan uang ke pemain
  • Cabut : Mencabut cabai. Tanah pada cabai yang dicabut harus dicangkul kembali supaya bisa ditanami lagi
  • Reset : me-reset cursor mouse ke kondisi normal

Keterangan : * kapasitas terbatas, bisa beli untuk menambah stok

Setiap cabai yang ditanam nantinya akan mengalami berbagai perubahan fase pertumbuhan. Mulai dari bibit, tanaman muda, tanaman dewasa, hingga berbuah. Jika sudah berbuah, pemain bisa memetiknya untuk mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang tambahan. Selama hari-hari berjalan, cabai juga mungkin emngalami bebrapa masalah seperti kekurangan air, pupuk, atau tersrang hama. Cabai akan mengeluarkan tanda jika masalah muncul dan pemain harus memberikan sesuatu yang tepat untuk mengatasinya. Jika dibiarkan lama, cabai akan mati.

 

Gambar 3. Tampilan saat permainan berlangsung

 

Jika sudah mencapai hari ke 100, Game akan menampilkan jumlah uang terakhir yang berhasil diperolah pemain. Jika uang tersebut melebihi atau sama dengan target, Season berikutnya akan terbuka. Jika belum, pemain bisa mencoba lagi pada Season tersebut.

 

Gambar 4. Tampilan setelah Season selesai

 

Tidak seperti game simulasi pertanian umumnya, dimana untuk berppibdah hari pemain harus menunggu hinya jam dalam game menunjukkan waktu tertentu atau dengan mng-klik suatu tombol. Pada si bejo, hari berjalan layaknya jam. Hal ini menuntut pemain untuk cepat tanggap dalam menghadapi berbagai masalah yang mungkin terjadi pada cabai., karena jika tidak, cabai-cabai akan mati.

 

Video

berikut ini adalah video trailer dari game Si Bejo :

http://youtu.be/F2a6SnBK0no

berikut ini adalah video gameplay dari game si Bejo :

http://youtu.be/mUjWQ6SzW5Q

 

Unduh

Untuk mengunduh berkas game beserta kode sumbernya, silahkan klik tautan berikut.

 

Penulis :

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan