The Elder Scrolls V: Skyrim

 Review Game Realitas Virtual

cover

The Elder Scrolls V: Skyrim adalah sebuah single-player role-playing video game yang dikembangkan oleh Bethesda Game Studios dan dipublikasikan oleh Bethesda Softworks. Skyrim merupakan sekuel kelima dalam seri videogame action / adventure RPG The Elder Scrolls, setelah seri sebelumnya yaitu The Elder Scrolls IV: Obllivion. Game ini dirilis pada tanggal 11 November 2011 untuk platform PC, PlayStation 3, dan Xbox 360.

Cerita utama Skyrim berkisar pada upaya karakter dalam mengalahkan Alduin, dewa naga yang telah diramalkan akan menghancurkan dunia. Dua ratus tahun setelah Oblivion, game ini bertempat di provinsi fiksi Skyrim, di negara Tamriel di planet Nirn. Gameplay pada game ini seperti pada seri The Elder Scrolls sebelumnya, player dapat menjelajah seluruh area yang terdapat pada game ini dan player dapat mengabaikan atau menunda quest secara tidak terbatas (nonlinear gameplay).

image1

Elder Scrolls V: Skyrim … yes, there are dragons to battle. You were expecting kittens?

aspek realitas:

  • Realitas Fakta

Unsur realitas fakta pada terdapat dalam berbagai aspek pada game ini, misalnya saja untuk memasak kita membutuhkan bahan mentah yang akan diolah, untuk istirahat kita membutuhkan tempat tidur, untuk menambah stamina kita bisa makan makanan yang tersedia, terdapat pandai besi yang ahli dalam membuat persenjataan, dll. Contoh – contoh fitur tersebut yang diterapkan pada game ini menggunakan gaya ‘medieval’. Salah satu realitas fakta lain yang terjadi dalam game ini yaitu terjadinya siang dan malam. Disini player dapat merasakan dari awal matahari terbit sampai matahari terbenam.

image3

blacksmith dapat mengupgrade berbagai macam persenjataan

image4

tempat tidur dapat dimanfaatkan untuk merestore health

image5

memasak untuk perbekalan perang

  • Realitas Proses/sebab akibat

Masih terdapat fitur unik dalam game ini, misalnya jika kita mencuri barang – barang warga atau membunuh warga (atau bahkan seekor ayam) dan pada kejadian tersebut terdapat saksi maka status player akan menjadi buronan dan akan ada hadiah untuk orang yang berhasil menangkap (hidup atau mati) player. Jika player berhasil ditangkap dalam keadaan hidup, maka player akan dipenjara atau player dapat menyuap penjaga kota agar tidak menangkap player, jika player tidak mau menyuap petugas, maka player bisa menghabiskan masa tahanan didalam penjara.

Player juga bisa menjadi tamu kehormatan pada kota tertentu (thane), atau bahkan semua kota dengan menyelesaikan quest yang diberikan oleh gubernur tiap – tiap kota. Setelah plyer menjadi thane, maka player dapat membeli sebuah rumah di kota tersebut dan juga mendapat pengawal (bodyguard) pribadi yang bisa ikut membantu player atau menjaga rumah player dikota tersebut.

image8

dilarang membunuh, kecuali naga

image6

Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tapi juga karena adanya kesempatan..

image7

player yang berhasil diringkus petugas akan masuk sini 😀

  • Realitas Random Event

Terdapat random event yang terjadi dalam game ini, misalnya saja cuaca. Jika player berada didataran rendah maka cuaca yang akan terjadi adalah cerah dan hujan. Jika player berada pada dataran tinggi maka cuaca yang mungkin terjadi adalah cerah ber-angin(windy), hujan salju, dan  badai salju.

image11

pagi yang cerah di skyrim

image10

hujan didataran rendah

image12

pada dataran tinggi jika tidak ada badai salju, maka cuacanya cerah ber-angin

image13

pada dataran tinggi, rata-rata cuacanya bersalju

image14

pada saat player mendekati reruntuhan (dungeon) biasanya cuaca akan berubah menjadi badai salju

Random event lain yang ditemukan dalam game ini adalah binatang buas. Pada saat player menjelajah skyrim, terkadang player akan menemukan beberapa binatang buas yang mungkin saja dapat membunuh player secara tidak terduga, bahkan terdapat kemungkinan juga player bertemu dengan naga secara random.

image15

beruang dapat ditemukan secara random di skyrim

image16

sabre cat adalah faktor pembunuh utama newbie

image17

di skyrim, player harus selalu siap jika ada naga berkunjung

  • Realitas Hukum Fisika

Dalam game ini, realitas hukum fisika diterapkan dalam semua aspek agar game ini terasa realistis. Contoh sederhana yaitu gravitasi. Jika kita menembakan panah, maka panah akan meluncur secara parabolik. Jika kita jatuh dari ketinggian, maka damage yang dihasilkan tergantung dari ketinggian itu sendiri. Jika kita membunuh bandit atau binatang buas, maka gerakan jasad yang jatuh akan mengikuti hukum fisika dan terlihat nyata. Jikat kita berjalan digenangan air, maka genangan air tersebut akan membuat cipratan/riak sesuai dengan langkah kaki player.

  • Realitas Audio Visual

Realitas audio pada game ini juga sangat mengagumkan. Misalnya jika kita melihat dari kejauhan terdapat NPC yang sedang berbincang-bincang, maka suara perbincangan yang terdengar akan bertambah seiring dengan jarak player dengan NPC yang semakin dekat.

Realitas visual pada game ini juga fantastis walaupun hanya menggunakan DirectX 9. Misalnya pada saat pagi hari didataran rendah akan terlihat kabut seperti asli yang dipadukan dengan pencahayaan matahari yang akan terlihat sangat nyata oleh player.

image18

contoh visual effect skyrim

5108100063

Hari Prasetyo

http://www.facebook.com/hariprasetyo23

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan