Review Game Rally DIRT 3

 Review Game Realitas Virtual

Sekilas Tentang Dirt3

Game DiRT 3 ini adalah game balap rally, game ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Codemasters. Game DiRT 3 ini dirilis di Eropa dan Amerika Utara pada tanggal 24 Mei, 2011, tersedia untuk PC, PS3 dan Xbox 360. Game DiRT 3 ini bisa dimainkan dalam mode single player maupun multiplayer, rating PEGI untuk game DiRT 3 ini adalah 12. Game ini adalah seri ketiga dari game balap rally Colin McRae: Dirt, salah satu seri game balap yang kualitasnya sangat bagus dan wajib anda miliki, untuk seri ketiga ini nama Colin McRae dihapus, jadi judulnya hanya DiRT 3 saja, mungkin hal ini terkait tewasnya sang legenda balap Colin McRae dalam sebuah kecelakaan tragis dimana helikopter yang dia piloti jatuh, kecelakaan tragis tersebut juga merengut nyawa anak tercintanya.

Review Game “DiRT 3”

Game DiRT 3 ini adalah seri kedua game DiRT yang pernah saya mainkan, sebelumnya saya pernah memainkan game Colin McRae: Dirt 2. Ada beberapa persamaan dan perbedaan, handling mobil masih terasa sama, agak susah pada awal-awalnya kalau kita menggunakan keyboard, untuk belok ke kanan dan ke kiri menggunakan keyboard kita harus bisa menekan tombol panah ke kanan atau ke kiri secara cepat, pendek dan berulang-ulang, soalnya kalau terlalu lama menekan tombolnya mobil kita bisa menikung terlalu tajam dan akhirnya menabrak pembatas. Seri game DiRT ini sepertinya memang diperuntukan bagi pengguna steering wheel, sama seperti seri-seri game Need for Speed: Shift.

Yang baru di game DiRT 3 ini adalah adanya balapan di track bersalju, dan ada pula seri Gymkhana dimana kita ditugaskan untuk melakukan aksi-aksi drifting melewati rintangan-rintangan, jujur saja saya agak kurang suka dengan Gymkhana ini karena susah entah kalau menggunakan steering wheel mungkin akan lebih gampang. Di game ini juga ada balapan head to head antara 2 mobil di dalam sebuah track dengan jalur yang berdampingan seperti yang bisa anda lihat pada screenshot terakhir yang saya pasang di bagian bawah.

Di game DiRT 3 ini juga kita bisa melihat panduan racing line berupa garis berwarna hijau, mungkin fitur ini diadakan karena di seri ini ada track salju yang cukup susah dilihat perbedaannya mana jalan mana batas terutama jika kita menggunakan mode view di dalam cockpit. Hal baru lainnya di game DiRT 3 ini adalah kita bisa memilih akan membalap di era apa pada beberapa balapan, apakah akan menggunakan mobil di era modern atau mobil klasik jaman dulu.

Realitas Fakta

Permainan ini menggambarkan sebuah simulasi balap mobil rally yang benar benar seperti sebenarnya. Dimana anda harus mengatur pedal gas dan rem agar anda tetap bias melajur cepat di jalan. Karena jika anda menabrak maka akan menyebabkan kerusakan pada mobil. Selain itu jika ada hujan air dan hujan salju maka pandangan anda akan terganggu, apalagi ketika malam hari. Jika anda melakukan kesalahan dan menabrak, bisa bias lampu anda akan mati.

Realitas Proses / Sebab-Akibat

Kejadian sebab akibat sangat banyak pad game ini, sebagai contoh adalah kejadian tabrakan akan menyebabkan komponen yang di tabrak dan yang menabrak mengalami kerusakan. Lalu ketika anda melewati jalan yang lumpur ber air, maka mobil anda akan menjadi kotor dengan detail gambar yang luar biasa.

Realitas Random Event

Yang berjalan acak pada game ini adalah

Musuh pada suatu session balap.
Cuaca yang berganti ganti
Waktu yang berganti ganti (siang/sore/malam)

Realitas Audio / Visual

Game Dirt 3 ini adalah game yang sepertinya dengan grafik terbaik dan efek terbaik seperti dunia nyata, mulai dari model mobilnya benar benar seperti seri mobil tersebut di dunia nyata, dari keadaan mobil ketika siang, malam, lalu hujan air ataupun salju, semuanya di simulasikan dengan grafik 3D yang menakjubkan. Apalagi jika kita main dengan menggunakan kacamata 3D. Dari audionya juga tidak diragukan lagi, setiap anda mengalami sesuatu dengan mobil anda maka aka nada efek suara seperti kenyataan. Game ini juga dapat dimainkan dengan controller seperti control pada mobil sebenarnya. Seperti pedal gas di kaki, kopling, dan steer mobil yang harus di kendalikan dengan tangan.

Screen shoot dirt 3


 

Video game Dirt 3

 

Yang Nge-review : 5109100017 – Sindung Anggar kusuma

Sindung Anggar Kusuma | Create Your Badge


Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan