COOKING ACADEMY 2 : WORLD CUISINE

Permainan bertemakan Cooking Game atau permainan masak-memasak banyak sekali kita temukan. Nah, bagi Anda yang ingin memainkan Cooking Game sekaligus merasakan sensasi sebagai koki sesungguhnya, permainan Cooking Academy 2 dapat menjadi salah satu pilihan yang harus Anda coba.

Game ini memang bukan game baru, sebelumnya pun telah ada Cooking Academy 1. Pada Cooking Academy 2 ini makanan-makanan yang disajikan berbeda dengan makanan yang ada di Cooking Academy 1. Jika dalam Cooking Academy 1 menyajikan masakan2 yang standar di buat, contohnya telor dadar, pizza, dsb, nah dalam cooking academy 2 menyajikan makanan2 dari penjuru dunia, misalnya china, italia, francis, arab, dsb.

Di dalam game ini kita akan belajar memasak aneka masakan dari berbagai negara, seperti China, Italia, Amerika, dan negara lainnya. Di sini akan ada deskripsi tentang masakan, berlatih mengumpulkan, plus step by step cara memasaknya hingga siap saji. Kalau cara mengolah kita betul, skor kita akan tinggi dan medapatkan lima bintang.

Penilaian Game Berdasarkan Realitas Sebab Akibat

                Game ini memiliki beberapa realitas sebab akibat, dimana pemain harus menyelesaikan persyaratan-persyaratan yang ada di game, jika tidak maka akan ada akibat yang didapat pemain, misalnya :

  • Pada saat pemain akan menggoreng, masakan tidak boleh dimasak terlalu lama atau sebentar. Jika pemain menggorek terlalu lama, masakan akan gosong, sedangkan jika terlalu sebentar, maka masakan bisa jadi kkurang matang.
  • Untuk berpindah level dari Negara yang satu ke Negara yang lain, pemain perlu untuk menyelesaikan jenis-jenis masakan dari satu Negara dulu sehingga bisa melanjutkan untuk memasak masakan dari Negara lainnya.

Penilaian Game berdasarkan Realitas Fakta

Game ini mensimulasikan tentang proses memasak dari suatu makanan. Semua proses yang ada di game ini disimulasikan sama seperti proses yang ada di kehidupan nyata, misalnya :

  • Resep-resep yang ada pada game ini sama seperti resep yang ada pada kehidupan nyata.
  • Tahapan-tahapan yang ada pun sama seperti yang ada di kehidupan nyata. Seperti memotong bawang, menggoreng, dan membuat adonan.
  • Alat-alat memasak yang digunakan pun sama dengan alat-alat yang digunakan pada kehidupan nyata.

Penilaian Game berdasarkan Realitas Visual

Game ini cukup memenuhi aspek realitas virtual jika dilihat dari screenshoot yang ada. Apa yang digambarkan dalam game ini sama dengan yang ada di kehidupan nyata. Tetapi game ini memang masih kurang jika dilihat dari segi grafis karena masih belum menggunakan efek 3D.

Penilaian Game berdasarkan Realitas Fisika

Menurut saya, game ini memenuhi aspek realitas fisika, dimana di dalam game ini pemain akan diminta untuk memecahkan telur, dimana jika kekuatan yang digunakan pemain tidak terlalu kencang, maka telur tidak akan mau pecah atau hanya pecah sedikit saja. Sehingga pengukuran kekuatan yang tepat diperlukan dalam game ini.

Penilaian Game berdasarkan Realitas Audio

Game ini memiliki realitas audio yang cukup baik sesuai dengan apa yang dilakukanpemain, seperti pada saat  pemain sedang menggoreng, akan terdengar suara layaknya orang yang sedang menggoreng sebenarnya. Begitu juga saat sedang memotong bawang, akan terdengar seperti suara pisau yang sedang memotong bawang.

Untuk play demo dari game ini sendiri dapat dilihat di : http://www.youtube.com/watch?v=UIII-IV8vhI

 

By

Syefira Hafsari – 5109100059
Syefira Hafsari

Create Your Badge

kuliah realitas virtual

Leave a Comment