Centre Court – Review

 Review Game Realitas Virtual

CentreCourt

Centre Court adalah permainan virtual untuk tenis lapangan kategori tunggal. Permainan ini membutuhkan satu pemain, sedangkan pemain yang satunya digerakkan dengan kecerdasan buatan (AI). Permainan ini berbentuk flash berbasis online. Dalam game ini terdapat 3 kategori permainan, yaitu Junior, Amateur, dan Pro. Berikut ini aspek-aspek realitas yang terdapat dalam permainan ini:

Realitas Fakta

Fakta yang ada dalam permainan ini adalah pemain bebas bergerak kedepan, belakang, samping kanan, dan kiri. Bentuk lapangannya pun sesuai dengan peraturan yang ada.  Pemain pun dapat memukul bola dari samping kiri, kanan, atas ataupun depan.  Bola pun tidak akan melayang ketika raket tidak mengenai bola.

Realitas hukum fisika

Realitas hukum fisika dalam permainan ini adalah saat bola di pukul keras datar, maka pantulan bola akan membentuk sudut yang kecil dan keras. Bola ketika di pukul melambung ke atas, maka akan menghasilkan pantulan yang pelan dan tinggi. Realitas hukum fisika juga terjadi ketika pemain melakukan pukulan terlalu lebar, bola yang di pukul pun dapat melebar keluar lapangan.

Realitas proses

Aspek realitas proses terdapat dari berlangsungnya permainan hingga selesai. Urutan poinnya sesuai dengan yang ada, yaitu mulai dari 0-15-30-40-Game. Poin nilainya juga di dapat berdasarkan peraturan semestinya.

Realitas sebab akibat

Nilai realitas sebab dan akibat pada game ini terdapat pada saat pemain hendak memukul bola. Ketika hendak memukul pada permainan tipe amateur dan pro, pemain dapat menentukan besar kecilnya kekuatan memukul bola, besar kecilnya kekuatan ini di tentukan dengan menahan (hold) key yang digunakan untuk memukul bola.  Bila kekuatan pukulannya hanya sedikit, pukulan bolanya pun akan pelan, jika kekuatan pukulannya besar maka bola dapat meluncur cepat ke daerah permainan lawan.

Realitas audio

Aspek realitas dari sisi audio terdapat ketika pemain memukul bola, saat bola mengenai raket, akan terdengar bunyi sebagaimana mestinya. Saat pemain melakukan servis yang kuat juga terdapat suara yang menunjukkan bahwa pemain tersebut “mengotot” atau mengeluarkan tenaga penuh saat memukul bola.  Saat permainan berlangsung pun terdapat suara ricuh dan lalu lalang penonton. Kemudian ketika salah satu pemain memenangkan ronde permainan, terdapat sorak tepuk tangan dan applause dari penonton. Ketika pemain mendapati foul pada saat servis,  terdapat juga suara penonton yang menunjukkan kekecewaannya.

Realitas visual

Dalam permainan ini, pemain game melihat dari sudut yang perspektif sehingga orang yang memainkan game ini seperti melihat langsung dari lapangan tenis. Juga terdapat bayangan pemain sehingga menimbulkan kesan bahwa hari sedang panas-panasnya.

 

Reviewer:

Nama : Fajar Hidayat

Facebook: HidayatFajar09

Twitter: @hidaayatfajar

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan