Belajar Mengenal Dunia dengan Seterra

 Review Game Edukasi, Umum
Dari berbagai ilmu yang dipelajari disekolah, salah satunya adalah ilmu geografi. Di sini anak diajari tentang mengenal dunia. Dunia terdapat berbagai Negara, yang tergabung dalam beberapa benua. Semua memiliki ibukota, dan semua memiliki bendera yang khas. Semua itu dipelajari agar anak bisa mengenal tempat-tempat yanga ada di negeri lain.
Namun, menghafal Negara, maupun kota-kota di seluruh dunia bukan pekerjaan yang mudah. Terlebih untuk anak. Dari dulu, menghafal memang bukan cara yang efektif. Anak akan gampang dan cepat merasa bosan ketika menghafal.
Sekarang, belajar geografi tidak akan bosan, karena kita bisa belajar lewat game berjudul “Seterra”. Dengan game ini, belajar geografi menjadi mudah dan menyenangkan.
Gameplay

 

Saat pertama kali menjalankan permainan,  kita memilih benua terlebih dahulu, apakah akan belajar tentang eropa, asia, afrika, atau seluruh dunia. Pilihan ini terdapat di kolom sebelah kiri. Setelah memilih benua,  kita memilih lagi, apa mau belajar tentang Negara (Countries), Ibukota (Capitals), kota (Cities) dan lain-lain. Terdapat berbagai pilihan yang terdapat di kolom tengah. Setelah memilih, klik tobol “start”.
Saat permainan dimulai. Kita harus mengikuti perintah yang ada di pojok kanan atas, semisal “Klik on Indonesia” maka kita harus meng-klik daerah Indonesia yang ada di peta, dan seterusnya. Kita bisa melihat nilai kita yang dinyatakan dalam persen.
Selain belajar letak Negara atau kota, kita juga bisa belajar tentang bendera-bendera dunia. Permainan ini ada di pilihan “Flags”.
Setelah satu permainan berakhir, game akan mencatat nilai kita. Nilai ini akan diupdate ketika kita bisa menambah skor ketika kita memainkan permainan dengan pilihan negara yang sama. Ini berguna, karena kita bisa memantau perkembangan belajar kita, apakah bertambah baik
atau belum.
Penilaian

Kelebihan :

–         Sangat adiktif

–         Sederhana dan mudah dimengerti

Kekurangan :
–          Kurang interaktif bagi anak
–          Tempilan yang terlalu sederhana dan kurang bagus
Nilai edukatif :
–          Belajar tentang Negara dan kota-kota dunia menjadi mudah dan menyenangkan.

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan