Review : Virtual Tennis 4

 Review Game Realitas Virtual

Virtua Tennis, adalah salah satu seri virtual game dengan genre sport yang pernah mencuat sebagai raja game tennis di saat game ini pertama kali keluar. Saat ini, Virtua Tennis telah mecapai seri 4.
Menurut peggemar setia Virtua Tennis, seri ke-4 ini memiliki mekanika memukul / style karakter untuk memukul bola yang hampir sama dengan versi awalnya pada tahun 1999, yakni game aslinya. Beberapa fans kecewa dengan control permainnan seperti ini, namun kami tidak akan membahas game ini dari sisi gameplay melainkan dari sisi realitas virtualnya.

 

Nilai Realitas Virtual

Dalam permainan Virtual Tennis 4 ini, terdapat beberapa faktor realitas yang membuat game ini mirip dengan fakta / tenis yang sebenarnya, yaitu :

 

Realitas Fakta

Arsitektur lapangan, tribun penonton, juri / wasit serta pemain sekaligus komponen permainannya (raket, bola tenis) komposisi dan skalanya sudah seperti asli di dunia nyata. Merk Sepatu, raket tennis, bola tenis dan sponsor bahkan sudah sama dengan dunia nyata seperti Nike, Reebok, Toyota dan berbagai merk terkenal lainnya.

Proses / Sebab-Akibat

Nilai proses / sebab – akibat di game ini terlihat jelas pada saat game dimainkan. yakni aturan – aturan permainan tenis sudah diterapkan di permainan ini tanpa banyak perubahan. Contohnya saat servis, maka bola harus masuk di kotak dalam tidak masuk ke kotak luar. Apabila kotak keluar, maka dihitung fault dan poin bagi lawan main. Saat mengembalikan bola, bila bola melewati garis belakang maka akan dikatakan keluar dan poin bagi lawan.

 

Random Event

Juga terdapat random event pada Virtual Tennis 4 ini, seperti gaya / cara merayakan kemenangan saat pemain memenangkan set permainan, terjatuh saat memukul bola, ekspresi kecewa saat pemain kalah atau ekspresi “tos” antar pemain dalam satu tim.

Hukum Fisika

Terdapat kondisi yang berbeda saat pengembalian bola, bergantung pada posisi bola saat dipukul apakah lambung, datar atau bawah. Kecepatan, tinggi, putaran dan arah pengembalian semuanya sesuai dengan hukum fisika. Setiap cursor yang kita kendalikan dapat mengarahkan arah bola ke lawan. Hal ini mempengaruhi arah pengembalian bola, sehingga saat kita menekan arah kita saat mengembalikan bola, maka arah bola akan ke sisi kiri lapangan.
Apabila bola terlampau jauh dari jangkauan pemain dan kita tetap mengusahakan mengejar lalu memukul bola, maka karakter akan sampai terjatuh untuk memukul bola.

Hal lainnya adalah mengembalikan bola, respon pengembalian bola juga akan berbeda bergantung dari posisi bola saat pengembalian, apabila bola lambung / di atas pemain, maka saat kita pukul maka karakter akan me-smash bola ke arah lapangan lawan.

Audio Visual

Audio dapat kita perhatikan bersamaan dengan random event dari pemain, seperti suara berteriak, memangkan pertandingan, suara komentator.

Sedangkan dari sisi visual, komposisi wajah / tubuh pemain sudah seperti nyata termasuk kostum dan perlengkapan permainan tennis. Bahkan label baju / merk raket pun sudah dapat terlihat nyata pada permainan ini.

Game Trailer bisa dilihat di link berikut ini..

 

Andre Rizqon M / 5109100073

Realitas Virtual A – 2012

Andre Rizqon Maulana

Create Your Badge

 

Author: 

One Response

  1. agus puryantoApril 8, 2012 at 12:29 PMReply

    handling…

Tinggalkan Balasan