Bangun kotamu dengan SimCity 3000

Sim city 3000 merupakan game keluaran Electronics Arts dengan creator maxis tentang simulasi tata perencanaan kota. Sebelumnya maxis banyak dikenal dengan game simulasinya seperti The Sims dan sekuel-sekuelnya.


Game ini berupa game simulasi untuk membangun kota serta bagaimana mengelolanya. Pengelolalan kota disini seperti tata letak bangunan, dan bagaimana memenuhi kebutuhan vital sebuah kota seperti kebutuhan akan adanya jalan raya, stasiun, balai kota, pembangkit listrik dan kebutuhan lainnya.

Pada saat simulasi berlangsung, pemain harus mengelola kota dengan baik untuk mensejahterakan para sims yang tinggal dikota tersebut. Peran pemain di Sim City 3000 ini adalah sebagai walikota, pemain harus memastikan kota dalam kondisi yang paling baik dengan memenuhi kebutuhan elemen-elemen yang tinggal dikota tersebut.

Pada awal permainan, pemain diberi uang denga jumlah tertentu dan dia harus memutuskan bangunan atau fasilitas kota apa saja yang perlu dibangun, di Sims city 3000 ini terdapat petitioner, yaitu sekelompok warga kota yang dapat memberikan pendapat misalnya tentang pemotongan pajak dan sebagainya. Pemain juga harus menghadapi bencana alam di kotanya, terapat fitur emergency untuk menangani kejadian tidak terduga tersebut. Ada semacam news ticker yang berfungsi untuk memberitakan keadaan kota. News ticker ini kadang-kadang juga memberikan peringatan jika akan terjadi bencana.

Fitur lain yang ada pada simcity 3000 ini adalah adanya landmark. Landmark bisa dibangun oleh pemain tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Fungsi landmark ini sebagai memperindah kota dan untuk wisata dan meningkatkan land value dari kota tersebut.


Landmark ini sekaligus sebagai salah satu aspek realitas yang diusung oleh game ini. Macam – macam landmark yang ada di simcity 3000 ini antara lain : menara petronas, American Naional History Museum, Great Pyramid, White House, dan masih banyak lagi.

Aspek realitas lainnya adalah adanya kota yang sudah jadi pada game ini, jika pemain malas untuk membangun kota dari awal. Game ini telah menyediakan beberapa kota yang sudah dibangun dengan landscape seperti kota sebenarnya. Kota – kota yang sudah tersedia antara lain Seoul, London, Berlin dan San Fransisco.

Suasana kota dan hiruk pikuknya menambahi suasana real pada game ini. Ada penduduk yang berlalu lalang, kendaraan, atau jika tidak beruntung, ada bencana alam yang siap memporak-porandakan kota. Silahkan anda coba untuk bermain game ini dan merasakan pusingnya menjadi seorang walikota :)

berikut ini uraian lebih lengkap mengenai realitas game :

Realitas Fakta

  • Bangunan yang ada dalam game  merupakan bangunan yang benar-benar ada di dunia nyata seperti pembangkit listrik, pertokoan, pabrik, pompa air , perumahan, sekolah , dan sebagainya.
  • sistem manajemen kotanya sama dengan yang ada didunia nyata. misalnya tingkat kriminalitas, pajak, nilai tanah, kepadatan penduduk, sistem transportasi, dll.
  • Pembangunan suatu zona industri/komersial/residensial/pelabuhan dan lainnya memperhitungkan aspek-aspek nyata seperti ketersediaan listrik dan air yang cukup, tingkat polusi, nilai tanah, dan kemudahan transportasi.
  • fasilitas umum yang memiliki jangka umur tertentu sehingga suatu saat harus diperbarui.

Realitas Sebab-Akibat

  • Semakin banyak  fasilitas umum yang dibangun menyebabkan peningkatan pada pengeluaran kota
  • Semakin tinggi pajak,polusi, kriminalitas, atau kemacetan menyebabkan orang enggan tinggal atau membangun bisnis di kota tersebut
  • Semakin canggih tekologi industri yang digunakan, semakin rendah polusinya
  • budget yang tinggi di bidang pendidikan dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat yang akibatnya industri yang lebih maju dan ramah lingkungan
  • jika perumahan dibangun jauh dari daerah industri, maka permintaan akan zona tersebut semakin tinggi karena terhitung bebas polusi
  • semakin banyak perumahan berarti semakin banyak penduduk, maka dari itu jumlah sekolah, rumah sakit, dan kampus harus ditambah.

Realitas Kejadian Acak

  • adanya tawaran kerjasama dari kota tetangga misalnya terkait pengolahan sampah atau ketersediaan air.
  • adanya bencana alam yang terjadi tiba-tiba.
  • adanya kerusuhan.
  • adanya parade /festival disaat tertentu tiap tahun.
  • adanya hadiah tidak terduga dari penduduk untuk pemain (walikota) misalnya mayor house.
  • lahan komersial yang tiba-tiba ditinggalkan pemiliknya dan beberapa saat kemudian dibangun lagi menjadi tempat bisnis yang jenisnya beda (misalnya toko eskrim menjadi butik).
  • adanya kemacetan disuatu jalan tertentu
  • adanya hujan

Realitas Audio Visual :

  • suara elemen-elemen game yang nyata. misal suara mobil, pabrik, keramaian, mobil polisi, bandara

 

 

Link game :

http:// www.sc3000.com

link Video :

Gameplay :

http://www.youtube.com/watch?v=_3Cps2AYIK4

Trailer :

http://www.youtube.com/watch?v=LH-dgX6vzJ0

Reviewer : Annisa UI (5109100201)

 

 

2 Comments

  1. satria says:

    gan ada yang tau forum buat ngedownload
    landmark buat simcity 3000

  2. taufiq says:

    cara down loadnya gmn gan………….???

Leave a Comment