Train Your Brain with Brainiversity

 Asah Otak, Review Game Edukasi

Pernah dengar atau memainkan game brain challenge dari big fish? Kali ini terdapat satu lagi game asah otak dari BigFish yaitu Brainiversity. Brainiversity merupakan game edukatif  yang menyediakan berbagai challenge yang melatih otak sekaligus menarik untuk dimainkan.

Secara umum, konsep dari game ini adalah “to stimulate your brain” alias game asah otak , terdapat 16 challenge atau exercises yang meliputi  kemampuan memori, matematika, analisis , serta kemampuan berbahasa (berbahasa Inggris tentunya). Kemampuan berbahasa inilah yang membedakan Brainiversity dengan game asah otak yang lain, dimana biasanya tantangan gamenya berupa soal-soal matematik maupun analitik saja.

Salah satu tantangan game ini adalah bagaimana menyusun kata sebanyak mungkin dari huruf-huruf yang disediakan. Pemain diberikan waktu sekitar dua menit untuk menyelesaikan tantangan ini. Untuk pemain yang native languagenya bukan bahasa inggris, jenis tantangan ini cukup bagus untuk mengetes kemampuan berbahasa inggris pemain, terutama di vocabulary. Selain itu, terdapat juga tantangan untuk memasukkan sebanyak mungkin kata yang mugkin dengan huruf awal dan huruf akhir yang ditentukan.

Jenis tantangan language ini, cukup menarik dan lumayan sulit untuk ukuran pemain yang tidak menggunakan bahasa Inggris di kesehariannya. Namun disinilah letak menariknya. Kita didorong untuk terus memperkaya kemampuan vocabulary kita untuk mendapatkan score tinggi di jenis tantangan ini.

Fitur permainannya meliputi daily exam, semacam tes harian dimana kita akan mendapatkan report score kesehariannya. Pemain bisa melihat track progress dari latihan hariannya untuk melihat  perkembangan nilai.

progress track

Kemudian ada juga menu practice, dimana pemain dapat memilih jenis challenge untuk latihan secara khusus challenge tersebut.  Beberapa challenge pada awalnya di-lock terlebih dahulu dan pemain bisa membukanya ketika sudah mencapai level tertentu.

Tampilan  brainiversity bisa dibilang cukup sederhana namun tetap elegan. Kebanyakan item ditampilkan dengan ukurang cukup besar sehingga memudahkan pemain untuk berinteraksi dengan game. Spesifikasi komputer yang dibutuhkan juga tidak terlalu berat.

sisi edukasi :

– challenge yang bertema ‘language’, dapat melatih kemampuan pemain dalam memperkaya kosakata bahasa inggris

– tipe challenge meliputi latihan untuk kemampuan numerik aritmatik, analisa, memori dan bahasa.

– pemain dituntut untuk menyelesaikan pertanyaan dan tantangan dalam waktu terbatas, dalam hal ini dapat melatih otak pemain untuk berpikir cepat dan tepat.

kelebihan :

– ringan, dari sisi spec komputer yang dibutuhkan

– game cenderung tidak membuat kecanduan, namun juga tidak membosankan.

kekurangan :

– merupakan game berbayar.

karena game ini tidak gratis. maka anda harus membeli untuk versi penuhnya.  Namun anda dapat mengunduh versi trial-nya di link dibawah ini :

http://www.bigfishgames.com/download-games/2814/brainiversity/download.html

selain itu, anda juga bisa melihat videonya di you tube :

http://www.youtube.com/watch?v=57-Db90mK1c

Bagi penikmat game asah otak, atau bagi siapapun yang ingin mengisi waktu senggang dengan game yang melatih otak, game ini bisa jadi pilihan untuk tetap bermain namun juga belajar :).

 

reviewer  : annisa, 5109100201

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan