Theme Hospital

 Review Game Edukasi, Simulasi

Apabila Anda penggemar game simulasi mungkin anda pernah mengetahui atau memainkan game ini. Theme Hospital merupakan sebuah game simulasi mendirikan rumah sakit yang dibuat oleh developer “Bullforg” pada tahun 1997, disaat itu game simulasi sedang populer seperti : Theme Park, Sim City, Rollercoaster Tycoon dll. Developer Bullfrog melihat sistem rumah sakit sangat menarik apabila dibuat menjadi suatu game simulasi pada PC.

Pada game ini pemain diminta untuk mendirikan sebuah rumah sakit. Pada setiap level, pemain diberikan bangunan kosong untuk dikembangkan menjadi sebuah rumah sakit, yang mana juga terdapat berbagai permasalahan-permasalahan yang diberikan untuk ditangani oleh pemain.

 

Rumah sakit yang bagus meliputi : alat-alat diagnostik terbaru, dari kardiogram dasar untuk pilihan yang lebih maju seperti X-ray dan Scanner, fasilitas pengobatan yang paling canggih, termasuk apotek dan ruang operasi, peralatan khusus terbaru, sarana pendidikan dokter dan sebagainya, dan, tentu saja,staf untuk menjalankan, mengatur, dan memelihara semua peralatan ini. Rumah sakit yang buruk tidak akan berhasil memuaskan pasien, dan akan ditutup setelah membunuh terlalu banyak pasien.

 

Setelah penyembuhan cukup banyak orang dan mendapatkan uang cukup,  Keterampilan administrasi rumah sakit anda akan dipuji oleh Dewan Kesehatan, dan anda akan diundang untuk mengambil alih sebuah rumah sakit baru yang lebih besar tantangan dan penghargaan. Idenya sederhana, gameplay sederhana, dan semua itu ternyata menjadi adiktif dan menghibur untuk game ini.

 

Nilai Edukasi

Nilai edukasi yang dimiliki oleh Theme Hospital, antara lain :

  • Pemain belajar tentang bagaimana mengembangkan sebuah rumah sakit yang baik.
  • Pemain dituntut mengambil tindakan dalam permasalahan yang timbul pada setiap level.
  • Pemain dituntut untuk memperhitungkan seluruh tindakan yang dilakukan, mulai dari tata letak ruang sampai mempekerjakan staff.
  • Pemain juga diminta untuk merfikir jauh untuk pengembangan rumah sakit. seperti membeli lahan bangunan baru atau membeli peralatan – peralatan medis untuk kemajuan rumah sakit.
  • Dsb.

Kelebihan dan Kekurangan

Beberapa kelebihan dan kekurangan game ini adalah sebagai berikut :

Kelebihan

  • Game ini memiliki gameplay yang menarik, dimana pemain harus mengembangkan sebuah rumah sakit beserta berbagai permasalahannya.
  • Terdapat berbagai pasien dengan berbagai penyakit yang aneh membuat game ini sedikit lucu dan menarik.
  • Aspek realitas virtual pada game ini begitu terasa karena game ini bertipe simulasi.

Kekurangan

  • Karena game ini dibuat pada tahun 1997 tampilan grafik sangat berbeda jauh dengan game-game dengan grafik sekarang.

Trailer Theme Hospital dapat dilihat pada link ini.

Reviewer, Mochamad Gani Amri – 5108100008
Mochamad Gani Amri | Create Your Badge

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan