Simulasi Evolusi Spesies Alien – SPORE

 Review Game Edukasi, Simulasi

“Evolusi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. “

Dalam game Spore yang dikembangankan oleh Maxis, kalian akan dikenalkan bagaimana makhluk hidup berevolusi dari tingkat unisel sampai ke tingkat multiseluler yang sangat kompleks. Pada awal permainan kalian diminta untuk memilih sebuah makhluk hidup unisel sebagai awal dari perkembangan spesies ciptaan kalian.

Seiring dengan jalannya permainan kalian akan mengatur bagaimana spesies kalian berkembang, apakah nantinya menjadi mahkluk berkaki empat, bersayap, herbivora, ataupun menjadi spesies predator puncak rantai makanan.
Selain dari mengatur spesies yang kalian kembangkan, nanti ketika spesies kalian sudah mencapai tingkat kecerdasan tertentu, kalian bisa mengatur bagaimana spesies kalian membentuk sebuah kelompok dan berperang ataupun membentuk aliansi dengan spesies lainnya. Tentunya selain mengatur perkembangan dari spesies kalian, kita juga dapat mengatur bagaimana perkembangan peradabannya.
Game yang dirilis pada September 2008 oleh Electronic Arts ini memiliki rating 10+ dan bergenre game simulation. Dengan tampilan yang memuaskan yang mensimulasikan kehidupan makhluk hidup dalam 3D. Baik BGM dan efek suara yang dimiliki setiap spesies berbeda menambah daya tarik dari game ini.
Nilai edukasi dari game ini adalah mengembangkan daya kreativitas kita dalam mengembangkan spesies yang belum kita ketahui, bagaimana cara mereka bertahan hidup, bersosialisasi dengan spesies dan mengatur arah peradaban spesies yang kita buat. Kelebihan dari game ini kita dapat berkreafitas sejauhnya dari bagaimana bentuk spesien yang kita kembangkan, seperti jumlah kaki, besar badan, bentuk mulut, warna kulit, sampai alat pertahanan dan menyerang spesies tersebut. Sedangkan kekurangannya pada pengembangan spesies pada tingkat awal, yaitu pada saat belum memiliki kecerdesan yang cenderung agak membosankan.

 

 

Kesimpulan dari game ini adalah sampai mana batas kita mengembangkan sebuah spesies agar dapat betahan hidup dan bagaimana kita mengembangkan bentuk dari spesies itu sendiri. Game ini dapat  dinikmati oleh sebagian besar casual gamer tetapi tidak banyak untuk hardcore gamer.

 

link Gameplay Video

Direview oleh Nanda Bagus Pradnyana – 5108100116

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan