Menjadi Seorang Supir Bus di Bus Driver

“Menjadi seorang supir bus tidak berarti kita hanya bertugas untuk mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat tujuan, tapi juga harus mentaati semua peraturan lalu lintas yang ada. Itulah yang ditawarkan oleh game Bus Driver.”

Bus Driver merupakan game dengan genre driving yang dikembangkan oleh SCS Software dan dirilis pada tahun 2007.

Bagi pemain baru, mungkin game ini tidak telihat sebagai game yang menantang. Namun lama kelamaan game ini akan menjadi cukup sulit untuk dimainkan. Mula-mula kita akan mulai melewati rute bus yang hanya terdapat sedikit kendaraan lain. Rute akan berlanjut ke jalan dengan jumlah kendaraan yang lebih banyak. Setelah itu akan muncul lebih banyak hambatan, seperti tempat pemberhentian ekstra, keluar masuk jalan tol, jalan yang dekat dengan tempat konstruksi. Selain itu pergantian kondisi cuaca juga bisa mengganggu perjalanan, bahkan akan muncul pengemudi kendaraan lain yang ugal-ugalan.

Skor dari game ini bergantung dari hal kecil dan besar yang kita lakukan. Menggunakan sinyal saat berganti jalur, berhenti saat lampu merah, mentaati peraturan lalu lintas, berhenti di tempat pemberhentian. Semua hal itu merupakan hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan skor maksimum. Jika kita melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan, seperti melanggar peraturan lalu lintas, skor akan berkurang.

Dari segi grafis dan audio tidak banyak yang dapat diberikan olah game ini. Grafis game ini terlihat simpel, garis-garis lurus, kendaraan lain yang tampak kotak, dan minimal dalam penggunaan warna membuat game ini masuk dalama kategori game “enteng”. Dari segi audio pun tidak banyak yang bisa diberikan, adanya suara bising di jalan, seperti suara ban saat kendaraan direm, bunyi klakson, suara konstruksi yang sedang berjalan merupakan hal yang wajib ada pada game seperti ini.

Kelemahan juga terdapat pada kontroller, dimana kita hanya bisa menggunakan keyboard. Akan sangat lebih baik jika game ini menawarkan fitur kontol menggunakan joystik atau mouse.

Namun, kelemahan-kelemahan di atas tidak mengurangi gameplay yang menjadi tujuan dari game ini. Unsur edukasi tetap kental terasa dalam game ini.

 

NILAI EDUKASI

  1. Mengajarkan kita untuk menjadi seorang supir bus yang baik.
  2. Mengajarkan kita untuk metaati peraturan lalu lintas yang ada.
  3. Mengajarkan kita untuk memegang era tanggung jawab, dalam hal ini adalah mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan aman.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan

  1. Bermacam-macam jenis bus yang bisa kita kendarai.
  2. 30 rute dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
  3. Bermacam-macam tugas atau misi, seperti mengantarkan siswa sekolah, mengantarkan turis dalam tur wisata, membawa narapidana, dll.
  4. Kondisi cuaca yang bisa berganti-ganti.Kota yang cukup besar untuk dijelajahi.Jalan tampak telihat hidup, dengan kendaraan lain yang melintas.
  5. Cocok untuk semua umur.

Kekurangan

  1. Grafis dan audio tampak sederhana.
  2. Kontroller hanya menggunakan keyboard.

 

KESIMPULAN

Bus Driver merupakan game simulasi yang cukup interaktif dan inovatif yang bisa dinikmati oleh sebagian gamer. Khususnya gamer yang mecari nilai edukasi di dalamnya. Namun tidak bagi hardcore gamer.

 

SCREENSHOT

 

OFFICIAL HOMEPAGE

http://www.busdrivergame.com/

 

GAMEPLAY DEMO

 

Direview oleh Muhammad Hafidz Azhar (5108100128)
Hafidz Azhar | Create Your Badge

Leave a Comment