Dawn of Discovery — Jelajahi zaman emas penjelajahan

 Review Game Edukasi, Sejarah, Simulasi

Bayangkan anda hidup di Eropa tahun 1404 di mana penjelajahan dan ekspansi daerah menjadi tren, profesi sebagai penjelajah merupakan profesi paling prestisius. Selami pemikiran brilian para penjelajah yang menemukan daerah baru dan mengembangkannya dari nol.

Dawn of Discovery (atau Anno 1404, judul lain game ini) adalah game bergenre Real-Time Strategy dan Simulasi buatan developer Blue Byte dan Related Design. Game ini mengambil setting di Eropa pada tahun 1404 dan seiring cerita dalam game berjalan, Timur Tengah. Pemain diharuskan berlayar untuk menemukan pulau dan mendirikan tempat baru untuk bermukim. Setelah pemukiman didirikan, pemain mengolah sumber daya pada pulau tersebut untuk membuat barang dagang, hingga kota tersebut berkembang menjadi besar. Kemudian bila sumber daya mencukupi, pemain dapat membuat kapal baru untuk kembali berlayar menuju daerah yang baru.

Game ini memiliki kompleksitas yang besar dalam hal simulasinya. Sama seperti kondisi pada jaman itu, perdagangan melalui jalur laut sangatlah penting, barang-barang yang diperdagangkan pun banyak, mulai dari bahan-bahan pokok seperti roti dan daging, hingga barang-barang eksotis seperti mutiara dan parfum. Pemain diharuskan membuat jalur perdagangan agar terjadi tukar-menukar sumber daya. Pada kota yang dibuat terdapat berbagai tingkat kasta masyarakat, mulai dari yang terendah, Beggar atau pengemis hingga Nobleman atau bangsawan, dan masing-masing tingkat memiliki kebutuhan barang yang berbeda-beda, semakin tinggi tingkat kastanya, semakin sulit pula memenuhi permintaan sumber daya mereka. Manfaat yang didapat dari memenuhi kebutuhan penduduk yaitu semakin banyak pajak yang bisa diambil dari penduduk tersebut. Selain simulasi kota dan ekonomi, pada game ini juga terdapat simulasi perang, tetapi fitur ini tidak terlalu ditonjolkan. Selain fitur-fitur tersebut, juga terdapat fitur-fitur standar khas game RTS, seperti quest dan sidequest, diplomation, achievement, dll.

Pada sisi overall gameplay, terdapat 3 macam gameplay pada game ini yaitu Campaign, Scenario dan Continuous Play. Campaign adalah fitur utama dari game ini. Pada mode Campaign pemain diharuskan menyelesaikan stage secara bertahap dan terdapat cerita seiring pemain bermain mode ini. Cerita yang diangkat dalam mode ini yaitu mengenai pemain sebagai tokoh utama yang berperan langsung dalam penjelajahan dan pembuatan jalur perdagangan dengan Timur Tengah hingga terjadi konspirasi untuk menghancurkan kerajaan. Pada mode ini terdapat tutorial bertahap mengenai sistem game Dawn of Discovery yang sangat besar, sehingga pemain baru disarankan untuk bermain mode ini agar dapat menguasai sistem game ini secara penuh. Scenario adalah stagestage tambahan dan memiliki cerita yang merupakan kelanjutan dari cerita pada mode Campaign. Continuous Play adalah stage custom yang dapat dikustomisasi sendiri oleh pemain, kelebihan dari mode ini adalah pemain dapat menentukan semua aspek dari stage tersebut, mulai dari besar map, sumber daya, kondisi awal permainan, kondisi kemenangan, jumlah pemain sampai bencana alam yang akan terjadi dalam stage itu. Pemain yang ingin merasakan game ini secara penuh, biasanya bermain mode ini dengan ukuran map yang besar, sehingga waktu untuk menyelesaikan game tersebut juga lama.

Sisi Edukasi

Terdapat 3 macam elemen simulasi dalam game Dawn of Discovery ini, yaitu simulasi kota, simulasi ekonomi dan simulasi perang.
Simulasi kota yaitu bagaimana pemain mengatur kota dan masyarakat di dalamnya, karena setiap penduduk di dalamnya memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pemain. Selain itu juga terdapat simulasi tata kota, di mana peletakan setiap bangunan harus sesuai dengan rencana tata kota, misalnya rumah penduduk berada di daerah terluar kota dan rumah bangsawan terletak di daerah tengah kota.
Simulasi ekonomi, Eropa di abad ke-15 adalah perlombaan menemukan dunia baru dan mengembangkan sumber dayanya kemudian menjualbelikan sumber daya tersebut dalam perdagangan. Perdagangan dalam game ini kebanyakan dilakukan melalui jalur laut, oleh karena itu pemain diharuskan membuat jalur perdagangan dengan neutral non-playable character.
Simulasi perang, game ini merupakan game real-time strategy, oleh karena itu tidak pas rasanya jika tidak ada unsur perang. Pemain dapat mendeklarasi perang pada karakter lain, melakukan diplomasi, bahkan menyerang kapal dagang musuh.
Edukasi sejarah, penggambaran setting abad ke-15 dan sejarahnya yang detil, di mana pada saat itu kerajaan Romawi sedang dikalahkan oleh pasukan Turki Ottoman yang memaksa negara-negara Eropa lain membuka jalur perdagangan baru yaitu menuju Asia. Abad ini merupakan masa yang sangat penting, karena merupakan jaman peralihan dari jaman pertengahan menuju jaman modern awal.

Kelebihan

  • Kaya akan elemen simulasi, mulai dari simulasi kota, simulasi ekonomi dan simulasi perang.
  • Setting abad ke-15 yang digambarkan secara detil.
  • Banyaknya achievement yang membuat pemain terus termotivasi untuk memainkannya.

Kekurangan

  • Gameplay dari game ini yang rumit tidak diiringi dengan tutorial dan user manual yang bagus, sehingga pemain akan mengalami kesulitan pada awal permainan.
  • Tidak adanya fitur multiplayer pada game ini, sehingga semua gameplay dari game ini merupakan single-player game.

Tautan terkait

Diulas oleh:

5108100133 — Muhammad Iqbal CR

Author: 

No Responses

Tinggalkan Balasan