Tea Tycoon – Simulasi Berjualan Teh

 Tugas Kuliah Realitas Virtual


Ini adalah sebuah permainan dimana anda akan berperan sebagai seorang penjual minuman teh di sebuah kedai. Dalam permainan ini, anda akan diminta untuk mengelola sebuah kedai teh dimulai dari mengatur keuangan, membeli supplai, menentukan komposisi resep teh, dan membaca kondisi pasar.

Pada awal permainan, anda akan diminta untuk membeli sejumlah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat teh yang akan dijual. Bahan-bahan yang dibeli meliputi daun teh, gula, es, dan gelas plastik. Jika usaha anda sudah mencapai tahap tertentu, anda bisa membeli bahan-bahan tambahan seperti jeruk lemon, susu, dan bubuk hijau untuk menambah variasi resep.

Ketika anda sudah menyiapkan semu keperluan yang ada, tahapan berikutnya adalah mulai berjualan. Pada saat berjualan, anda akan mendapat informasi mengenai sisa bahan teh, tipe teh yang terjual, popularitas kedai teh, dan kondisi cuaca pada saat itu. Anda dapat melihat seberapa banyak orang yang tertarik untuk membeli lalu melihat reaksi mereka mengenai rasa teh yang anda jual (suka/tidak suka). Jika pengunjung menunjukkan reaksi tidak puas dengan teh yang anda jual, anda dapat merubah komposisi resep teh di tengah-tengah permainan. Cuaca juga memberikan pengaruh terhadap teh anda, orang akan lebih menyukai teh yang dingin (es teh) pada saat cuaca panas daripada saat mendung apalagi hujan.

Keuntungan yang didapat setelah berjualan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya adalah untuk membeli barang atau pegawai untuk mempercepat pembuatan teh atau alat-alat hiburan untuk membuat pengunjung lebih betah pada saat mengantri, hal ini penting karena pengunjung yang merasa terlalu lama menunggu akan membatalkan niatnya untuk membeli lalu pergi dari antrian. Kita juga dapat membeli resep baru untuk menambah variasi teh yang akan dijual, semakin banyak variasi teh yang disediakan, semakin banyak pembeli yang akan tertarik. Keuntungan juga digunakan untuk menyewa tempat sebagai lokasi berjualan, tempat dengan sewa tempat yang lebih mahal adalah tempat yang paling ramai, sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pembeli lebih besar. Kita juga dapat menggunakan uang kita untuk mengiklankan kedai kita melalui berbagai macam media seperti koran, radio, atau bahkan televisi.

Video Demo :

Tim Pengembang : Mahasiswa Teknik Informatika ITS

Kukuh Hannugroho (5108100054) Link
Putu Satriya Marga (5108100068) Link
Galang Ramadhan (5108100091) Link
Brian T Zunaedy (5108100195) Link

Author: 

2 Responses

  1. RobbyAgustus 21, 2011 at 2:08 PMReply

    Mas, saya sangat tertarik untuk tea tycoon game, bisa saya beli game ini ?

    Bahkan kalau game ini bagus, saya akan menggunakan game ini untuk training tools bagi anggota kami di Dewan Teh Indonesia.

    Saya tunggu response yang baik dan harap minta email dan nomor HP yang bisa dihubungi.

    Robby
    robby@chakratea.com
    08112220426

    • GameEdukasiSeptember 3, 2011 at 10:37 AMReply

      Mas Robby bisa kontak personal yg bikin. Kan di artikel tersebut ada link facebook utk tiap tim developernya.

Tinggalkan Balasan